Sukses

Aktivis Selamatkan 1.200 Anjing yang Akan Dibantai di Festival

Liputan6.com, Jakarta Setiap tahun Festival Yulin selalu menuai kontroversi. Festival makan daging anjing di Yulin, Tiongkok ini telah menjadi tradisi sejak lama. Di festival ini, ribuan anjing dibantai, dimasak dan dijadikan santapan lezat bagi para penikmatnya.

Namun para aktivis penyayang binatang juga tak lelah untuk mengampanyekan pelarangan membunuh anjing, karena anjing adalah saudara kita yang tak pantas untuk disantap.

Sebenarnya telah beredar, pemerintah setempat sudah melarang aksi pembunuhan anjing di festival tersebut. Namun nampaknya pelarangan itu hanya isapan jempol belaka.

Karena itu, puluhan kelompok penyelamat anjing terus melakukan "operasi" dengan menghadang truk-truk yang berisi anjing.

Seperti dilaporkan NetEase, dua aktivis telah menghadang truk yang melaju di jalan raya Guangdong. Dengan tangkas, mereka langsung mengepung truk, menanyakan sertifikat dan surat jalan anjing yang sedang diangkutnya.

Jika tak ada surat-surat, aktivis tersebut langsung menyita anjing-anjing tak berdosa itu dari truk. Lalu para aktivis itu bekerja sama dengan pemerintah setempat untuk menyelesaikan urusannya.

Menurut para aktivis, jumlah total anjing yang ada di dalam truk itu ada ribuan. Anjing-anjing malang itu ditempatkan dalam kandang sempit. Mereka tampak menderita kepanasan dan tak bisa bergerak sama sekali.

Bahkan, beberapa di antaranya telah mengigau karena sekarat. Dari keterangan Humane Society International, truk tersebut berasal dari provinsi Gansu, 2.000 km dari tempat festival diadakan. Tragisnya, hewan-hewan itu adalah anjing peliharaan yang dicuri. 

Dari jumlah itu, sebanyak 20 anjing telah mati sia-sia saat transit, belum sampai ke tujuan diadakannya festival.

Foto: Istimewa

Aksi penyelamatan anjing oleh aktivis ini memperoleh pujian banyak orang. Ini adalah penyelamatan hewan yang berani dan penyelamatan anjing terbesar yang pernah ada. 

Aksi ini mempunyai makna penting, karena semakin banyak generasi muda yang ikut berpartisipasi dalam penyelamatan tersebut.

Bagaimana menurutmu?

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6