Sukses

7 Trik Mudah Bikin Smartphone Selalu Terlihat Baru

Liputan6.com, Tiongkok - Buat anak muda, pemakaian smartphone tentunya harus mengikuti arus zaman. Seiring berjalannya waktu, kondisi smartphone akan menjadi usang dan bisa timbul berbagai macam masalah. Akan tetapi, sebenarnya cukup mudah jika ingin merawat smartphone dengan benar, baik pada iPhone ataupun Android.

Terlebih ada berbagai macam cara yang bisa kita lakukan agar perangkat smartphone bisa terus seperti baru. Bagaimana caranya? Berikut ulasannya.

1. Menjaga Perangkat Lunak Tetap Up to Date

Cek apakah ada versi terbaru dari sistem operasi di smartphone kamu, baik itu iOS atau Android sama saja caranya. Semakin kita rutin melakukan pembaruan pada sistem ponsel, maka akan lebih mudah memperbaiki dan menutup bug yang muncul agar kinerja ponsel bisa berjalan lancar dan lebih cepat.

Kamu bisa mengecek pembaruan melalui menu pengaturan pada smartphone. Bila kita menjalankan versi terbaru dari perangkat lunak tentu kita akan mendapatkan fitur-fitur dan performa yang lebih baru dan maksimal.

2. Uninstall Aplikasi yang Tidak Dibutuhkan Lagi

Hampir semua pemilik smartphone masih mempertahankan beberapa aplikasi yang jarang lagi digunakan. Contohnya adalah aplikasi pemesanan tiket pesawat yang bahkan kita jarang sekali menggunakannya, atau gim yang sama sekali tidak menghibur, dan masih banyak lagi lainnya.

Tidak masalah jika kita menginginkan banyak aplikasi yang terpasang, tapi pastikan kita mencopotnya jika tak lagi membutuhkan. Aplikasi yang tidak digunakan lagi tentu akan memenuhi ruang penyimpanan dan bisa saja mereka masih menjalankan beberapa fungsi di latar belakang. Jadi sebisa mungkin secara rutin sempatkan diri kita untuk membersihkan beberapa aplikasi yang tidak lagi terpakai. Jika aplikasi tersebut tidak dapat dihapus maka cukup non-aktifkan saja fungsinya agar tidak dapat lagi menggunakan sumber daya secara diam-diam.

3. Kurangi Beberapa Tugas di Latar Belakang

Pada sistem iOS dan Android, kita bisa melakukan beberapa pengaturan untuk non-aktifkan berbagai macam aplikasi yang menimbulkan dampak negatif pada kinerja smartphone. Misalnya di Android, kita bisa mempertimbangkan untuk mengurangi fungsi latar belakang beberapa aplikasi seperti Email, atau aplikasi media sosial seperti Facebook, dan lain sebagainya.

Matikan juga fitur Bluetooth dan WiFi jika tidak lagi menggunakannya. Lalu yang terakhir, yakni jangan gunakan fitur sinkronisasi secara otomatis setiap terhubung ke internet.

Selengkapnya bisa kamu baca di sini.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.