Sukses

Mahasiswa Undip Bentuk 40 Kader Kesehatan Sekolah

Liputan6.com, Semarang - Mahasiswa Jurusan Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro (Undip) mengadakan pengabdian berupa pemeriksaan kesehatan oleh siswa di SD Negeri Pudakpayung 02, Jalan Payung Asri, RT 02 RW 01, Pudakpayung, Kecamatan Banyumanik, Kabupaten Semarang, Sabtu (23/5/2017).

Hanifah Dian Anugraheni, ketua tim Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Masyarakat (PKM-M) mengatakan jika pengabdian yang dilakukan merupakan hal baru dalam dunia pengabdian khususnya dalam dunia kesehatan.

“Bagaimana tidak? Selama ini telah kita ketahui bersama kalau pemeriksaan yang biasanya dilakukan oleh tenaga kesehatan di rumah sakit saja, tapi hal tersebut kini bisa di lakukan oleh siswa sekolah dasar,” kata Hanifah.

Kader Mungil Sekolah Dasar Sehat yang biasa disebut Kamus Sadar Sehat tersebut bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan siswa.

Kader Mungil

Kader mungil berjumlah 40 anak tersebut terdiri dari siswa kelas tiga dan empat yang telah diberikan pelatihan sebanyak empat kali dengan materi pelatihan meliputi kesehatan tangan, gigi, telinga dan mata.

Pembelajaran tersebut menggunakan metode fun learning, pemberian motivasi, dan demonstrasi. Alat bantu (media) yang digunakan meliputi, modul dalam bentuk komik, slide power point tiap materi dan alat peraga untuk membuat kader mudah dalam memahami pelajaran setelah pelatihan.

Gabby (9), salah satu kader mungil mengaku senang dengan kegiatan yang diadakan oleh kakak-kakak dari Keperawatan Undip.“ Kak sekarang aku bisa memeriksa teman – teman ku dan bisa menjelaskan cara cuci tangan yang benar,” ujarnya.

(ul)

Pengirim:

Hanifah Dian

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

Artikel Selanjutnya
6 Ribu Warga NU Brebes Siap Turun ke Jalan, Ada Apa?
Artikel Selanjutnya
Jajanan Sekolah Harus Aman, Sehat, dan Bergizi