Sukses

Ngeri, 5 Teknologi Ini Berpotensi Memusnahkan Manusia

Berbagai teknologi yang telah diciptakan manusia hingga saat ini tentunya memiliki bahaya tersendiri jika disalahgunakan.

Liputan6.com, Jakarta - Teknologi merupakan bagian yang sudah tidak bisa terpisahkan dari kehidupan manusia pada zaman digital seperti sekarang ini. Teknologi telah digunakan hampir di setiap aspek kehidupan manusia, mulai dari untuk memudahkan pekerjaan, berkomunikasi dengan menggunakan ponsel atau smartphone, hiburan, dan masih banyak lagi.

Terlepas dari manfaatnya, berbagai teknologi yang telah diciptakan oleh manusia hingga saat ini juga tentunya memiliki bahaya tersendiri jika disalahgunakan atau tidak dikendalikan dengan baik. Berkaitan dengan hal tersebut, kami akan membahas beberapa teknologi yang bisa dibilang memiliki potensi paling besar untuk menghancurkan umat manusia. Berikut ulasannya.

1. Drone atau Pesawat Tanpa Awak

Teknologi pertama yang berpotensi besar dapat memusnahkan umat manusia adalah teknologi drone atau yang sering disebut pesawat tanpa awak. Teknologi drone ini sendiri awalnya diciptakan untuk melakukan pemotretan atau perekaman objek yang tidak bisa dijangkau oleh manusia.

Namun, belakangan teknologi ini dikembangkan untuk melakukan pengintaian dan bahkan digunakan pada sejumlah peperangan. Tentunya, jika semakin banyak negara yang mengembangkan drone untuk peperangan, dipastikan akan sangat banyak korban yang berjatuhan mengingat daya jangkau drone sangat luas.

2. Laser

Laser merupakan teknologi yang diciptakan untuk melakukan banyak hal, seperti mengobati penyakit, alat pemotong material, membuat hologram, dan masih banyak lagi. Namun, negara-negara modern saat ini telah mulai mengembangkan teknologi laser ini sebagai senjata pertahanan yang tentu saja suatu saat akan dilibatkan dalam perang dan jika hal ini terus dibiarkan, bukan tidak mungkin manusia akan jatuh ke dalam perang laser seperti yang kita lihat pada film Star Wars.

3. Nuklir

Nuklir merupakan teknologi yang penuh kontroversi sejak penemuannya pada era Perang Dunai II. Teknologi ini memang telah banyak membantu umat manusia, khususnya dalam pemanfaatannya sebagai sumber energi skala besar. Namun, di sisi lain nuklir juga telah membuktikan diri sebagai salah satu teknologi yang paling banyak memakan korban jiwa berkaitan dengan daya ledak dari nuklir itu sendiri jika digunakan sebagai senjata. Bukan tidak mungkin perang nuklir akan terjadi beberapa tahun lagi mengingat persaingan antarnegara-negara maju yang saling mengancam dengan teknologi nuklir masing-masing.

Selengkapnya bisa kamu baca di sini.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.