Sukses

Merah Delima, Super Fruit nan Kaya Manfaat

Liputan6.com, Jakarta Rupanya warna cantik delima merah sudah sejak dahulu digunakan pengobatan guna menyembuhkan diare dan gangguan pencernaan lain. Karena manfaat dan komposisi gizinya sangat besar, para peneliti mengelompokkan buah delima sebagai superfruit.

Jika delima putih dipercaya berkhasiat obat, delima merah unggul dalam kandungan antioksidan. Buah ini cukup naik daun banyak orang mengonsumsinya dan sudah dikemas dalam bentuk jus.

Apalagi sekarang jus delima termasuk makanan super baru kaya folat dan antioksidan pencegah penyakit, rendah kalori dan tinggi serat, mengenyangkan tanpa merusak diet jadi tidak perlu khawatir bagi kalian sedang melakukan diet. Lagi pula kita juga bisa makan delima untuk snack serta mencampurkan dengan salad.

Berikut enam manfaat buah delima:

1. Mengatasi penuaan

Ingin awet muda? Ada baiknya mengonsumsi buah delima. Buah ini ternyata mengandung senyawa yang berfungsi untuk mencegah penuaan dini. Jus delima yang dimanfaatkan sebagai bahan perawatan juga dapat membantu memperlambat proses penuaan, mengurangi keriput, dan mengurangi garis-garis halus akibat sinar matahari.

Lakukanlah perawatan menggunakan buah delima. Buah ini mampu mempertahankan regenerasi sel-sel kulit, mencegah pigmentasi berlebihan serta bintik gelap, serta mencerahkan warna kulit

Buah delima juga dapat manfaatkan untuk masalah kecantikan, yaitu dapat membantu mencerahkan warna kulit. Kamu dapat mencampurkan 1 sendok teh buah pepaya hijau, minyak biji anggur dan ekstrak biji anggur dengan 2 sendok teh jus delima dan terapkan pada wajah. Biarkanlah selama kurang lebih satu jam lalu cuci dengan air hangat. Gunakan kapas untuk mengaplikasikan jus delima secara langsung pada kulit wajah setelah dibersihkan.

2. Mengobati jerawat

Delima sangat kaya akan vitamin C. Vitamin inilah yang ternyata memiliki fungsi untuk mengatur produksi minyak pada wajah. Untuk mengobati jerawat menggunakan delima cukuplah mudah. Pertama haluskan delima hingga lembut. Lalu oleskan pada wajah hingga menjadi seperti masker. Biarkan mengering lalu bilas dengan air. Dengan mengoleskan ke wajah yang berjerawat, delima ini akan mengecilkan jerawat sekaligus menyamarkan bekas jerawat yang ada pada kulit anda. Gunakanlah masker buah delima ini secara teratur.

3. Mengendalikan berat badan

Buah delima mengandung antioksidan yang dapat membantu mengendalikan berat badan. Sehingga akan lebih stabil masukkanlah buah delima dalam menu diet. Sebab, buah delima sangat efektif menurunkan berat badan. Jadi, tidak perlu takut berat badan naik ketika mengkonsumsi delima.

4. Menghindari anemia

Mengonsumsi buah delima secara rutin juga dapat membantu menghindarkan dari anemia. Hal ini karena kandungan zat besi yang terdapat dalam buah delima yang mampu mengontrol aliran darah dan mengurang gejala anemia termasuk kelelahan, pusing, kelemahan, dan gangguan pendengaran. Meningkatkan kekebalan tubuh

Buah delima adalah salah satu buah yang mengandung sekitar 15 persen vitamin C dari kebutuhan harian. Vitamin C ini sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jika Anda mengonsumsi buah delima secara rutin dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh lebih maksimal.

5. Memberantas Cacingan

Mungkin ini sering terjadi pada anak-anak. Untuk mengatasinya, bisa memanfaatkan buah delima. Buatlah jus buah delima dengan jus wortel. Masing-masing setengah gelas, aduk hingga merata dan minumlah secara rutin

6. Menjaga kesehatan jantung

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan pada tahun 2005 oleh 45 pasien dengan penyakit jantung koroner menunjukkan bahwa jus delima yang dikonsumsi setiap harinya selama tiga bulan dapat memperlancar aliran darah ke jantung. Risiko terkena penyakit jantung pun akan lebih rendah.

Tips mengonsumsi buah delima

Ketika membeli buah delima, pilih yang berat dan tidak retak kulitnya. Bila disimpan di lemari es, buah ini dapat bertahan sampai enam bulan. Tapi lebih baik memakan yang segar.

Untuk membuka delima, pertama harus memotong mahkotanya, lalu iris kulitnya dari atas ke bawah pada tiga atau empat bagian. Buka kulit delima dengan jari dan ambil isi buahnya ke dalam dalam mangkuk.

Baik daging maupun biji delima bisa dimakan. Biji delima adalah sumber serat dan nutrisi yang baik, jika Anda merasa nyaman memakannya. Banyak khasiat buah delima terdapat pada bijinya.

Penulis :

Saraswati Cahyaningsih

*Yuk tonton video menarik berikut ini:

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Artikel Selanjutnya
Manfaat Ubi Merah untuk Kecantikan yang Belum Diketahui
Artikel Selanjutnya
3 Bubur Khas Nusantara Ini Sehat dan Cocok untuk Sarapan