Sukses

Peduli Minat Baca, Mahasiswa UNM Berbagi Buku ke Pelosok NKRI

Liputan6.com, Jakarta Berawal dari Kepedulian akan pentingnnya membaca, empat mahasiswa Universitas Negeri Makassar (UNM), Oda Parwati (PTIK 2015), Yusril Wahyudi (PTIK 2015) , Nur Indri Suci Utami(PGSD 2015), dan Haerunnisa (PGSD 2015) membuat Program Bekas Jadi Berkah( BJB).

Apa itu Bekas Jadi Berkah?

Bekas Jadi Berkah adalah Program Berbagi Buku dan gerakan gemar membaca untuk meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia. Program ini mengajak masyarakat luas, mahasiswa, bahkan instansi pemerintahan untuk mendonasikan buku- buku bekasnya yang masih layak baca yang nantinya akan disumbangkan ke daerah – daerah. Ide tersebut muncul karena keresahan keempat teman- teman mahasiswa UNM melihat negara kita Indonesia masuk dalam kategori negara yang tingkat minat bacanya sangat rendah.

Ketua kelompok PKM Oda Parwati yang merupakan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar mengatakan, ”Kami sangat prihatin melihat kondisia masyarkat Indonesia yang rendah minat bacanya jika dibandingkan dengan negara lain.

Berdasarkan data UNESCO tahun 2012, anak-anak di Benua Eropa membaca sekitar 25 buku dalam satu tahun. Di Jepang dan Singapura, anak-anak membaca 15 hingga 20 buku selama setahun. Sementara Indonesia Nol buku dalam satu tahun.

“Menurutnya, angka tersebut diperparah dengan peringkat baca Indonesia yang hanya menduduki posisi ke 60 dari 61 negara berdasarkan pemeringkatan literasi internasional, Most Literate Nations in the World, yang diterbitkan Central Connecticut State University. Indonesia hanya mampu lebih baik dari sebuah negara kecil di Afrika, Botswana.

Inilah alasan keempat Mahasiswa Universitas Negeri Makassar Membuat sebuah Program Bekas Jadi Berkah. Tim BJB berharap Program ini bisa berjalan dengan baik, dan semoga Program ini akan terus berlanjut. Bukan cuman satu daerah tapi seluruh daerah di pelosok Indonesia.

Penulis:

Oda parwati 

*Tonton video menarik berikut ini:

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Artikel Selanjutnya
Merinding, Lagu Indonesia Raya Berkumandang di Palestina
Artikel Selanjutnya
Mendes Rayakan HUT RI di Perbatasan, Ini Alasannya