Sukses

Pusat Laut Donggala, Sumur Raksasa Terbesar di Dunia

Liputan6.com, Sulawesi Tengah - Sulawesi memang punya banyak tempat wisata bahari yang memikat, sebut saja Pulau Tinabo, Wakatobi dan Bunaken yang kerap dijadikan incaran para wisatawan.

Tak hanya punya wisata bahari yang memikat, Sulawesi juga punya sumur raksasa yang mesti kamu kunjungi. Tak sembarang sumur, sumur ini punya pesona yang tak dimiliki sumur lainnya. 

Apa yang terlintas di benak kamu ketika mendengar kata "sumur?" Pasti yang kamu ingat adalah sumber air galian yang ada di rumah dan airnya diambil dengan cara ditimba. Namun, sumur yang satu ini tak seperti sumur pada umumnya.

Sumur yang berlokasi di Dusun Simbe, Desa Limboro, Kecamatan Banawa Tengah, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah itu bernama Pusentasi yang berasal dari bahasa Kaili atau suku asli Sulawesi tengah, “Pusen” punya arti pusat, sedangkan “Tasi” berarti laut.

Pusentasi atau yang lebih dikenal dengan Pusat Laut Donggala adalah sumur raksasa yang berdiameter 10 meter dan memiliki kedalaman tujuh meter. Saat masuk, kamu akan merasakan air yang jernih dengan warna yang sangat biru layaknya air laut.

Kabarnya, terdapat semacam lubang atau terowongan yang menghubungkan pusat laut Donggala dengan pantai, karena jaraknya dari bibir pantai hanya sekitar 500 meter. Maka tak heran, jika air di Pusat Laut Donggala asin dan mengalami pasang surut. Sumur raksasa ini disinyalir sebagai sumur raksasa pertama di dunia.

Selengkapnya bisa kamu baca di sini.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Artikel Selanjutnya
6 Banjir Paling Mematikan Sepanjang Sejarah