Sukses

Ini Peringkat Korupsi di Indonesia dari 172 Negara di Dunia

Liputan6.com, Jakarta Pemberantasan korupsi di Indonesia meningkat pada jumlah kasus dan seseorang yang ditetapkan menjadi tersangka, baik di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), kepolisian, maupun di kejaksaan.

Berita yang cukup baik apabila kita hanya melihat dari sudut pandang KPK, tapi beda ceritanya bila kita lihat dari perspektif masyarakat umum. Mungkin satu-satunya hal yang dipikirkan adalah tentang betapa banyaknya korupsi di negeri ini.

Dilihat dari sisi positif, KPK mulai menunjukkan taringnya kembali. KPK berjalan dengan sangat aktif karena banyaknya kasus korupsi. Namun dari sisi masyarakat baik skala nasional maupun internasional, korupsi di Indonesia semakin menyebar luas.

Faktanya, Indonesia menempati peringkat ke-90 dengan skor CPI 36. Survei tersebut dilakukan oleh Lembaga Transparency International (TI), yang merilis data dari 176 negara. Semakin besar skor yang didapat, maka semakin bersih negara tersebut dari korupsi. Indonesia meraih skor CPI 36 dari maksimal skor 100.

Baca kelanjutan artikelnya:  Anti Korupsi yang Terlupakan, di Forum Liputan6 yang ditulis Rio Rubianto menggunakan akun @rubianto dengan mengeklik tautan ini.

 

Penulis:

Rio Rubianto

Universitas Mercubuana Menteng

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya. Yuk berbagi di Forum Liputan6.

 

 

Artikel Selanjutnya
Indonesia Rajai Pasar Otomotif ASEAN
Artikel Selanjutnya
Bedah Persaingan Pariwisata Indonesia vs Vietnam