Sukses

Banyak Orang Meninggal di Hari Sabtu, Kebetulan?

Data tersebut mencakup dari 39 juta angka kematian di dunia dengan rentang tahun 1999-2014.

Liputan6.com, Jakarta Kematian memang bisa datang kapan saja, tidak bisa diduga-duga kapan tepatnya. Namun Lembaga Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (Centers for Disease Control and Prevention) yang bermarkas di DeKalb County, Georgia, Amerika Serikat, mengantongi data, ada satu hari di mana jumlah angka kematian lebih tinggi dibanding hari lainnya.

Melansir Livescience, data tersebut mencakup dari 39 juta angka kematian di dunia dengan rentang tahun 1999-2014. Penelitian itu menyebut kematian paling sering terjadi pada hari Sabtu.

Dari segi penyebab, kematian terbanyak pemicunya karena penyakit jantung disusul dengan kanker. Pemicu terbanyak lainnya karena kecelakaan, gangguan pernapasan kronis, stroke, Alzheimer, diabetes, flu, pneumonia, penyakit, ginjal, serta bunuh diri.

Penelitian serupa pernah dilakukan pada 2005, satu dekade sebelum penelitian ini dilakukan. Hasilnya menyebutkan jumlah kematian terbanyak juga terjadi pada hari Sabtu.

Penelitian itu hanya terbatas pada penyajian data terkait banyaknya jumlah orang yang meninggal di hari Sabtu. Namun itu tidak menjawab mengapa banyak orang yang meninggal di hari Sabtu.

Fakta lain menunjukkan, faktor penyebab kematian tertinggi adalah penyakit jantung. Orang-orang yang meninggal karena penyakit jantung banyak terjadi pada hari Senin dengan data sebanyak 348.206.

Hal itu menunjukkan serangan jantung banyak terjadi di hari Senin. Menurutmu apakah itu sebuah kebetulan?

(war)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini