Sukses

Meski Beraroma Busuk, Buah dan Sayur Ini Manfaatnya Juara

Liputan6.com, Jakarta Ternyata buah dan sayur yang memiliki bau tidak sedap ini memiliki banyak khasiat. Karena khasiatnya yang sangat baik inilah yang membuat buah dan sayur ini juga banyak dicari orang untuk mengobati penyakit.

Jadi sebaiknya tidak memikirkan baunya yang tidak sedap saat mau mengkonsumsi, tetapi pikirkan saja khasiat yang dimilikinya.

Apa sajakah buah dan sayur yang sangat berkhasiat ini?

1. Petai

Petai ini memiliki bau yang tidak sedap tetapi sangat terkenal dimana-mana. Petai ini bisa langsung dikonsumsi walau tanpa dimasak, tetapi sering kali masyarakat mengolahnya terlebih dahulu dengan cara dimasak dan disajikan bersama hidangan lalapan sambal.

Meskipun baunya yang tidak sedap, petai ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Terutama untuk kesehatan lambung karena dapat mengurangi iritasi dan luka, petai ini juga dapat mencegah penyakit stroke, dan dapat juga untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan berguna untuk mengurangi rasa gatal pada gigitan nyamuk.

2. Mengkudu

Buah yang satu ini juga memiliki bau yang tidak sedap, jika seseorang mencium bau buah ini pasti langsung menutup hidung mereka. Namun jangan salah, buah ini juga memiliki banyak khasiat untuk mengobati beberapa penyakit loh. Buah ini dapat mengurangi asam urat, menurunkan kolestrol, menurunkan darah tinggi dan dapat menangani rasa sakit bagi penderita kanker.

3. Durian

Buah berduri ini mempunyai bau yang khas. Banyak yang sangat menyukainya, namun banyak juga yang jijik untuk melihat ataupun sekadar akan mencicipinya. Durian ini harganya cukup mahal apalagi durian dengan kualitas prima.

Meskipun memiliki aroma menyengat, durian ini juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Di antaranya bagus untuk kesehatan kulit, karena dapat mencegah terjadinya penuaan dan kerutan pada kulit.

Durian juga bermanfaat untuk tulang dan persendian, menjaga kesehatan gigi dan mulut. Dan yang terakhir bisa menjadi buah yang baik untuk pencernaan, karena kaya akan kandungan serat yang tinggi, sehingga buah ini bisa mengatasi sembelit. Tetapi perlu diingat juga akan efek samping setelah makan durian, jangan terlalu banyak dan makan secukupnya saja.

4. Jengkol

Entahlah dengan yang satu ini, ada yang menyebutnya sebagai buah dan ada yang menyebutnya sebagai sayur. Tapi abaikanlah yang terpenting adalah simak bagaimana jengkol yang berbau ini sangat memiliki manfaat bagi penderita diabetes dan jantung.

Karena jengkol kaya akan kandungan gizi dengan protein yang cukup tinggi, kalsium yang mencegah pengeroposan tulang, dan juga mengandung banyak vitamin yang mampu menjaga tubuh kita agar tetap sehat.

Penulis:

Fida fitriyah

*Tonton video menarik berikut ini:

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Artikel Selanjutnya
Hati-Hati, Makan Sayur dan Buah Layu Bisa Kena Penyakit Berbahaya
Artikel Selanjutnya
Manfaat Kesehatan Tersembunyi di Balik Bumbu Sayur Asem