Sukses

Keji, Belalang Sembah Suka Makan Otak Burung Hidup-Hidup

Liputan6.com, Jakarta - Alam memang indah, tetapi juga bisa mengerikan. Baru-baru ini, Universitas Basel di Swiss meluncurkan hasil penelitian tentang sifat keji belalang sembah.

Belalang sembah merupakan serangga karnivora yang biasanya memakan serangga lain atau laba-laba. Namun penelitian ahli zoologi dari Swiss dan Amerika Serikat menunjukkan bahwa belalang sembah juga membunuh dan melahap burung kecil di semua benua, kecuali Antartika.

Melansir dari Newsweek, ahli Biologi William Brown dari State University of New York di Fredonia menuturkan bahwa belalang sembah secara keji menangkap burung lalu memakan jaringan otak mereka. Hal ini diamini oleh ahli ekologi Dietrich Mebs yang memberikan penjelasan terhadap pengamatan tersebut.

"Saat memangsa burung kecil, belalang sembah akan menembus otak, memakannya saat mangsa masih hidup, secara perlahan sampai tak ada yang tersisa," ujarnya.

Seperti dilaporkan oleh Live Science, para periset meneliti temuan dokumentasi saat belalang sembah menangkap burung. Secara keseluruhan, terdapat 147 kasus yang terdokumentasi dan mencakup 13 negara.

Karena para ilmuwan hanya mengandalkan kasus yang didokumentasikan oleh manusia, sulit untuk menentukan seberapa sering belalang sembah memakan burung. Namun, temuan peneliti yang paling relevan adalah belalang sembah dari seluruh dunia memiliki perilaku yang sama.

Korban yang paling sering didokumentasikan adalah burung kolibri ruby-throated di Amerika Serikat. Lebih dari 70 persen kasus yang ditemukan adalah belalang sembah makan burung kolibri. *

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Artikel Selanjutnya
Ini Kata Pengamat soal Video Buaya Tepikan Jenazah ke Warga
Artikel Selanjutnya
Menggoreng Ikan Louhan Rp 8 Juta, Pria Ini Banjir Kritikan