Sukses

Alasan Cheat Day Penting Dilakukan Meski sedang Jalani Diet Ketat

Liputan6.com, Jakarta Mempunyai tubuh yang ideal merupakan impian setiap orang dan diet adalah cara yang tepat untuk mendapatkannya. Setiap orang pasti memiliki program diet yang berbeda-beda. Ada yang menjalankan program diet dengan olahraga dan tanpa olahraga. Ada yang menjalankan diet ketat bahkan diet ekstrem hingga makan sekali sehari.

Apa pun tipe diet yang kamu lakukan pasti kamu sering mendengar istilah cheat day. Cheat day adalah satu hari yang diluangkan bagi seseorang yang melakukan diet sebagai hari kebebasan.

Kamu diperbolehkan untuk tidak menjalankan diet selama sehari. Namun apa perlunya cheat day? Akankah cheat day menghancurkan program dietmu? Tidak, cheat day justru bermanfaat dan berikut tiga manfaatnya melansir dari Glitz Media.

1. Memperbaiki Sistem Metabolisme Tubuh

Selama diet berlangsung, tentunya tubuhmu mengalami perubahan hormon. Dengan melakukan cheat day, metabolisme tubuhmu akan kembali normal hingga akhirnya tubuhmu nantinya terbiasa dengan pola makan barumu.

2. Meningkatkan Mood

Jangan merasa bersalah ketika kamu memuaskan nafsu makanmu dengan makanan-makanan enak. Anggaplah hal tersebut sebagai hadiah atas dietmu selama seminggu. Cheat day yang baik dilakukan selama seminggu sekali agar tubuhmu tidak merasa jenuh. Memakan makanan enak dianggap bisa mengembalikan mood yang membuatmu semangat menjalankan diet di kemudian hari.

3. Meningkatkan Daya Ingat

Berkurangnya asupan makanan membuat daya ingat dan konsentrasimu menurun. Cheat day dianggap ampuh untuk memperbaiki hal tersebut.

Itulah tiga manfaat melakukan cheat day. Walaupun cheat day, bukan berarti tidak dikontrol. Kamu harus tetap makan sesuai porsi dan melakukan olahraga teratur. Selamat mencoba. *


Penulis:
Nadia Donna

Sahabat Liputan6

 

Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: Sahabatliputan6@gmail.com serta follow official Instagram @sahabatliputan6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

 

Artikel Selanjutnya
5 Kesalahan Saat Coba Menurunkan Berat Badan
Artikel Selanjutnya
Benci Diet, Chloe Sukses Turunkan Berat Badan 45 Kg