Sukses

5 Cerita Rakyat Indonesia yang Layak Diangkat Jadi Film Hollywood

Liputan6.com, Jakarta Dongeng-dongeng ternama seperti Sleeping Beauty, Cinderella, dan Frozen pada awalnya hanya sebuah cerita sebelum tidur yang diceritakan oleh orang tua kepada anak-anak mereka. Kemudian, produser Film mengangkatnya menjadi sebuah film layar lebar yang kemudian dinikmati oleh banyak orang di seluruh dunia.

Kebanyakan dongeng yang sudah mendunia itu berasal dari Eropa dan Amerika. Akan tetapi, sangat disayangkan sekali produser film itu belum menaruh minat untuk mengangkat atau mengadaptasi cerita rakyat dari Asia Tenggara, khususnya Indonesia. Padahal, di Indonesia banyak sekali cerita-cerita nusantara yang sangat menarik untuk dijadikan sebuah film dan disaksikan oleh seluruh dunia.

Berikut lima cerita rakyat Indonesia yang layak diangkat menjadi film Hollywood.

Legenda Pantai Selatan

Ada beberapa versi tentang asal-usul penguasa Pantai Selatan atau yang juga dikenal dengan Nyi Roro Kidul atau Kanjeng Ratu Kidul. Satu versi mengisahkan jika Nyi Roro Kidul merupakan putri kerajaan yang menderita penyakit dan hanya bisa sembuh jika ia mandi di Pantai Selatan.

Ada juga yang mengucapkan jika Nyi Roro Kidul itu adalah bidadari yang menikah dengan manusia. Ia pun ditolak untuk kembali lagi ke khayangan, akan tetapi Nyi Roro Kidul juga tidak berniat untuk membina rumah tangga lagi dengan suaminya. Ia pun akhirnya terjun ke laut selatan dan menjadi penguasa di sana.

Bagaimanapun versinya, tentu saja cerita mengenai penguasa Pantai Selatan ini sangatlah layak sekali untuk di adaptasi dan dikemas menjadi lebih baik. Mitos Nyi Roro Kidul sendiri sampai saat ini masih dipercaya dan beberapa pernak-pernik yang berkaitan dengan Nyi Roro Kidul sampai saat ini masih disimpan. Tentu ini akan memudahkan para periset dan juga produksi film.

Tantangan yang paling terlihat untuk pembuatan film Nyi Roro Kidul mungkin saja terletak pada setting tempat yang kebanyakan ada di lautan. Efek CGI sekelas film Life of Pie sangat dibutuhkan, tentunya untuk bisa memproduksi film Nyi Roro Kidul yang sangat berkualitas.

Selengkapnya

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Artikel Selanjutnya
Kapankah Indonesia Punya Wadah Film Dokumenter yang Memadai?
Artikel Selanjutnya
Tidak Hanya Candi, Film Dokumenter Juga Bukti Peradaban Bangsa