Sukses

Potret Warga Hiroshima Sebelum Dibom Atom Amerika

Liputan6.com, Hiroshima - Pekan lalu, Museum Perdamaian Hiroshima merilis rekaman digital terbaru Hiroshima pada tahun 1935. Ini kira-kira 10 tahun sebelum Amerika Serikat menjatuhkan bom atom di wilayah tersebut.

Film aslinya diambil oleh penduduk Hiroshima, Genjiro Kawasaki. Karyanya tersebut menjadi satu-satunya cuplikan gambaran kota Hiroshima yang dimiliki museum itu sebelum Perang Dunia II.

Menurut Japan Times, cuplikan dalam film 16mm itu merupakan data berharga yang secara jelas menunjukkan bagaimana keadaan Hiroshima sebelum dijatuhi bom atom. Film hitam-putih itu sendiri sangat pendek, tak sampai lima menit, tapi dapat menggambarkan dengan baik kesederhanaan kota Hiroshima di masa itu.

Dalam video terlihat warga berkeliaran di jalan. Beberapa mengenakan pakaian Barat sementara yang lain memakai kimono tradisional.

Anak-anak menatap dengan penuh rasa ingin tahun ke arah kamera. Sekelompok anak laki-laki lewat, tersenyum saat mereka menuju ke tujuan yang belum diketahui.

Digitalisasi film memungkinkan staf museum untuk memberikan perkiraan yang lebih baik kapan tepatnya film tersebut diambil. Sebelumnya, diperkirakan video tersebut diambil pada tahun 1936.

Namun setelah meningkatkan kualitas video melalui digitalisasi, museum tersebut dapat membaca sebuah maraton bioskop yang sebelumnya tidak terbaca. Tim dari museum pun memperkirakan bahwa video tersebut diambil pada tahun 1935 sesuai poster pemutaran film di bioskop itu.

Film ini adalah pengingat singkat bahwa keadaan di Jepang sangat damai. Sampai 10 tahun kemudian sebuah bom di Hiroshima dijatuhkan dan menewaskan sekitar 150.000 orang. Tiga hari kemudian, bom kedua dijatuhkan di Nagasaki dan menewaskan sekitar 50.000 orang. *

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Artikel Selanjutnya
Korea Utara Umumkan Kemajuan dalam Pengembangan Bom Hidrogen
Artikel Selanjutnya
Bom Perang Dunia II Bikin 70 Ribu Warga Frankfurt Dievakuasi