Sukses

Bagaimana Kerja 3 Gelas Kopi Sehari Perpanjang Usia Seseorang?

Liputan6.com, Jakarta - Minum tiga cangkir kopi sehari dapat memperpanjang usia Anda. Demikian saran para peneliti.

Dua studi utama yang dipimpin oleh periset di Inggris dan Amerika, secara independen telah menemukan mengonsumsi hingga tiga cangkir kopi sehari dapat mengurangi risiko kematian dini. Makalah yang diterbitkan di Annals of Internal Medicine tersebut menemukan hubungan antara kopi dengan pengurangan risiko penyakit hati, masalah peredaran darah, dan penyakit yang terkait dengan saluran pencernaan.

Para ilmuwan percaya, senyawa antioksidan dalam kopilah yang membuatnya terjadi dan bukannya kafein. Kopi terbukti memperbaiki fungsi hati, mengurangi peradangan, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Studi yang dipimpin oleh Imperial College London dan Badan Internasional untuk Riset Kanker, melacak 520.000 orang berusia 35 tahun di 10 negara. Ditemukan pria yang minum tiga cangkir kopi sehari, 18 persen lebih kecil kemungkinannya meninggal dibanding yang sama sekali tidak minum kopi. Sementara wanita yang minum 3 cangkir kopi sehari memiliki 8 persen penurunan meninggal di usia muda.

Selain itu, studi selama 16 tahun yang dilakukan oleh University of Southern California juga menemukan hasil yang serupa. Studi yang melibatkan 186.000 orang menemukan seseorang yang mengonsumsi secangkir kopi sehari 12 persen lebih kecil kemungkinannya mati di usia muda.

"Kami menemukan bahwa konsumsi kopi yang lebih tinggi terkait dengan risiko kematian yang lebih rendah karena sebab apapun, khususnya akibat penyakit pencernaan," ujar Dr Marc Gunter dari IARC.

"Yang penting, hasil serupa ditemukan di sepuluh negara Eropa, dengan kebiasaan minum kopi yang bervariasi," tambah dia.

Kopi mengandung sejumlah senyawa yang berinteraksi dengan tubuh, termasuk kafein dan antioksidan. Ilmuwan yakin, beberapa di antaranya memiliki dampak perlindungan terhadap tubuh peminumnya.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Artikel Selanjutnya
10 Kuliner Legendaris Khas Cirebon yang Tetap Eksis
Artikel Selanjutnya
Flores Pecahkan Rekor MURI Minum 1,9 Juta Cangkir Kopi