Sukses

Dikira Rongsokan, Mesin Antik Zaman PD II Dijual Murah di Loakan

Seseorang di Rumania mengira telah menghasilkan uang cukup banyak saat menjual mesin tik tua di pasar loak.

Liputan6.com, Jakarta - Seseorang di Rumania mengira telah menghasilkan uang cukup banyak saat menjual mesin tik tua di pasar loak.

Ia menjual mesin tik berbentuk aneh tersebut seharga 100 Euro atau sekitar 1,5 juta rupiah. Faktanya, mesin tik unik tersebut adalah mesin Wehrmacht Enigma I Jerman, sebuah mesin pemecah sandi dari Perang Dunia II.

Seorang kolektor yang membeli mesin itu di pasar loak kemudian menjualnya di rumah lelang Bucharest Artmark dengan harga 138 juta rupiah. Artmark kemudian menjualnya ke penawar lain seharga 690 juta rupiah.

"Pria yang membelinya dari pasar loak adalah seorang profesor kriptografi. Jadi, ia tahu betul apa yang ia beli," ujar Cristian Gavrilla, manajer konsinyasi koleksi di Artmark pada Reuters.

Rumania merupakan sekutu Nazi Jerman sampai tahun 1944, saat beralih ke sekutu. Sejarawan mengatakan kemungkinan masih banyak mesin kriptografi lain yang belum ditemukan.

Bulan lalu, Christie's New York Books menetapkan rekor lelang dunia sebesar 7,3 miliar rupiah dengan penjualan mesin Four-Rotor Enigma Cipher tahun 1944 pada penawar online. Enigma alias mesin pemecah sandi biasa digunakan untuk memecah kode pesan yang dikirim oleh berbagai cabang militer Nazi. *

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.