Sukses

Mahasiswa UMS Ciptakan Alat Sterilisasi Gigi yang Praktis

Dekiler Box merupakan alat sterilisator praktis pratek dokter gigi di daerah terpencil.

Liputan6.com, Jakarta Minimnya fasilitas untuk strerilisasi di daerah terpencil merupakan permasalahan yang cukup serius di bidang kesehatan. Selain minimnya fasilitas sterilisasi, persebaran pasokan listrik yang tidak merata di Indonesia juga menjadi kendala dalam persebaran fasilitas kesehatan di Indonesia. Mengingat hal-hal tersebut mahasiswa UMS (Universitas Muhammdiyah Surakarta) Fakultas Kedokteran Gigi dan Fakultas Teknik mempunyai gagasan untuk menciptakan alat sterilisator dalam bidang kesehatan khususnya untuk para dokter gigi dengan produk bernama “Dekiler-Box”.

Dekiler Box merupakan alat sterilisator praktis praktik dokter gigi di daerah terpencil. Di mana alat tersebut sangat praktis, mudah dibawa, tidak memerlukan energi listrik, dan ekonomis. Desain dari alat ini terdiri dari 4 bagian yaitu :

1. Pre-cleaning, di sini dilakukan perendaman alat dengan detergen ramah lingkungan yaitu kombinasi bio anti balterial agen laktonat alkaloid.

2. Pembersihan instrument, perawatan pembersihan instrument dengan sikat dan air sabun.

3. Desinfektan tingkat tinggi, penyimpanan instrumen dengan cara pengepakan agar terhindar dari instrumen yang tidak steril.

4. Sterilisasi, proses membunuh mikroorganisme dengan cara perebusan bersuhu 100°C selama 20 menit.

Dengan satu alat yang mudah dibawa kemana-mana dan harga yang ekonomis, proses sterilisasi alat kedokteran gigi sudah bisa dilakukan.

Penulis :

Ardhita Rosiana Putri

Mahasiswa Kedokteran Gigi Universitas Muhammadiyah Surakarta

Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: campuscj6@gmail.com serta follow official Instagram @campuscj6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini