Sukses

3 Pengaturan Pintar Ini Bikin Kuota dan Baterai Smartphone Awet

Liputan6.com, Jakarta - Sebal nggak kalau lagi asyik-asyiknya nongkrong atau jalan-jalan, terus tiba-tiba baterai smartphone habis. Parahnya lagi kalau dapat SMS dari operator, kuota internet kamu hampir atau sudah habis.

Sebenarnya kamu nggak sendirian lho, hampir semua orang yang pakai smartphone pasti pernah merasakan hal tersebut. Memang sih sudah banyak aplikasi yang mengklaim dapat menghemat baterai dan kuota internet.

Namun, sebenarnya kamu nggak perlu install aplikasi tambahan. Cukup otak-atik pengaturan dengan pintar, kamu sudah bisa menghemat kuota internet dan baterai smartphone. Berikut ulasannya.

1. Biar Nggak Kehabisan Kuota, Aktifkan Data Saver

Smartphone kamu sudah mendukung konektivitas 4G dan daerah kamu juga tercakup jaringan 4G? Kamu beruntung, karena kuota internet yang ditawarkan oleh operator di jaringan 4G lumayan besar.

Namun, kalau smartphone kamu masih 3G, kamu harus benar-benar hemat paket data internet. Pasalnya, kuota yang disediakan di jaringan 3G hanya sedikit dan mahal pula.

Makanya buat kamu pengguna smartphone 3G atau kamu yang lagi jalan ke daerah yang tidak tercakup jaringan 4G, fitur data saver tentunya benar-benar sangat berguna. Dengan ini kamu bisa menghemat pemakaian data dan dapat dengan leluasa untuk menentukan aplikasi mana saja yang boleh mendapatkan akses data tanpa batas dan akses data terbatas.

Dengan melakukan pembatasan data setiap aplikasi, jumlah konsumsi data nantinya akan dapat disesuaikan mengikuti kebutuhan masing-masing pengguna. Kamu bisa menemukan data saver dengan masuk ke Settings > Data Usage > Data Saver.

Selengkapnya bisa kamu baca di sini.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

Artikel Selanjutnya
5 Fitur Populer Smartphone yang Terlupakan
Artikel Selanjutnya
5 Jajaran Smartphone Paling Ringan di Dunia, Apa Saja?