Sukses

Fakta Ilmiah Mengapa Anda Takut Melihat Foto Ini

Apakah Anda merasa jijik, geli, dan gelisah saat melihat foto tersebut? Ini fakta ilmiahnya

Liputan6.com, Jakarta - Trypophobia digambarkan sebagai ketakutan terhadap sekumpulan lingkaran atau lubang berbentuk tidak beraturan. Rasa geli dan jijik tersebut biasa timbul saat Anda melihat spon, sarang lebah, gelembung, dan lubang-lubang lainnya.

Psikolog dari Universitas Kent di Inggris percaya mereka telah menemukan penyebab dari kondisi tersebut. Menurut mereka, keengganan melihat hal tersebut timbul karena ketakutan terdalam manusia akan parasit dan penyakit.

Studi mereka tersebut diterbitkan dalam jurnal Cougnition and Emotion. Dalam kesimpulan tersebut, dipaparkan bahwa kondisi itu terkait dengan respons evolusioner untuk menghindari penyakit menular atau infeksi parasit.

Seperti yang mereka soroti, banyak infeksi mengerikan yang memerlukan pola melingkar dan lubang, seperti botflies, cacar, campak, rubela, tifus, demam scarlet, dan lainnya.

Melansir dari Iflscience, ini menjadi fakta tak terbantahkan banyak tanggapan jijik dan keengganan berasal dari fungsi evolusioner untuk menghindari sumber infeksi. Misalnya, banyak orang mual dengan darah dan bau busuk, yang berfungsi untuk mencegah mereka dari kemungkinan sumber penyakit.

Untuk penelitian tersebut, tim peneliti merekrut lebih dari 600 orang di mana setengahnya memiliki trypophobia dan setengahnya tanpa. Mereka kemudian diminta untuk melihat 16 gambar sekumpulan lubang dan menjawab sebuah kuesioner.

Delapan gambar adalah gambar yang berhubungan dengan bagian tubuh yang sakit, seperti ruam atau kutu, sementara delapan lainnya tidak memiliki relevansi dengan penyakit, seperti bekas lubang bor di dinding dan biji polong.

Delapan gambar yang berhubungan dengan penyakit memicu respons negatif di antara kedua kelompok tersebut. Namun, gambar yang tak terkait penyakit hanya memicu respon pada orang dengan trypophobia.

Mereka yang memiliki trypophobia juga melaporkan perasaan jijik, mual, atau keinginan untuk muntah saat melihat gambar tersebut. Mereka juga mengaku mengalami sensasi seperti kulit gatal, bulu kuduk merinding, atau sensasi serangga yang merayap di kulit.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.