Sukses

Ulfa, Mahasiswa Bidikmisi yang Punya Omzet Rp 90 Juta Per Bulan

Liputan6.com, Jakarta Wisuda Universitas Negeri Semarang (UNNES) selalu menyisakan kisah menarik dari salah satu wisudawannya. Kali ini, wisudawati yang menjadi pusat perhatian adalah Ulfa Nurjanah.

Walaupun masuk ke UNNES dengan status mahasiswa Bidikmisi, ia membuktikan bahwa keadaan ekonomi yang kurang mampu tidak membatasinya untuk berkuliah dan berwirausaha. Alhasil, ia lulus tepat waktu dari UNNES dengan atribut menjadi wirausahawan muda sukses.

Ulfa pun tampil memberikan testimoni tentang UNNES pada wisuda tahun ini.Dalam testimoni yang ia berikan, terdapat beberapa poin penting. Pertama, ia merasa beruntung dapat masuk ke UNNES sebagai salah satu universitas yang dicintai oleh masyarakat Indonesia. Hal ini terbukti dengan masuknya UNNES di peringkat ketujuh universitas yang paling diminati di Indonesia

Kedua, kisah hidupnya dilanjutkan dengan berkuliah di UNNES dengan jalur Bidikmisi. Ia berkata bahwa pada awal perkuliahan, dirinya bertahan dengan uang saku yang mini dan menumpang di kontrakan senior. Belum lagi ia harus bersanding dengan teman–teman yang memiliki latar belakang yang mapan.

Kendati demikian, ia tidak merasa minder karena dukungan dari teman-teman dan dosennya. Adanya program Bidikmisi dari Kemristekdikti membuatnya mampu bertahan untuk berkuliah.

Kemudian bekerjasama dengan teman-temannya. Ia menjalankan usaha Cumi Krispi yang diberi merek Mr. Cuki. Dari usahanya tersebut, Mr. Cuki telah sukses memiliki enam outlet dan omzet total 90 juta rupiah per bulannya. Menurut Ulfa, omzet yang ia miliki memang tidaklah setinggi usaha lain yang lebih sukses.

"Yang terpenting adalah bagaimana kita mampu berkontribusi pada sekeliling kita," ucapnya.

Ketidakmampuan secara ekonomi bukanlah sebuah kelemahan, namun hal ini adalah sebuah potensi yang dapat dikembangkan. Ini diamini oleh dosen pembimbing Ulfa dan sekaligus Dekan Fakultas Ekonomi Dr Wahyono MM.

“Ulfa merupakan mahasiswa yang cerdas dan dapat membagi waktu dengan baik. Dibuktikan ia lulus dengan predikat Cum Laude”, jelasnya.

Rektor UNNES Prof Dr Fathur Rokhman MHum pun bangga mempunyai mahasiswa seperti Ulfa. Saat berpidato ia menyampaikan, “Ulfa luar biasa semangatnya, dengan keadaan ekonomi yang kurang ia bangkit dan berhasil baik secara akademik maupun secara kewirausahaan yang ia geluti."

Ia berharap wisudawan yang lain dapat meniru kesuksesan Ulfa di masa depan kelak.

Penulis:

Setiyo

UNNES

Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: campuscj6@gmail.com serta follow official Instagram @campuscj6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

Artikel Selanjutnya
Peruri Cetak Pendapatan Naik 40,75 Persen Jadi Rp 1,33 Triliun
Artikel Selanjutnya
Pasokan Menipis, Harga Ayam Merambat Naik