Sukses

10 Situs Warisan Dunia Terbaru UNESCO yang Mempesona

Liputan6.com, Jakarta - Selain Taj Mahal, Candi Borobudur, Pulau Komodo, atau Tembok Cina, ternyata masih banyak situs warisan dunia yang wajib untuk kamu ketahui.

Setiap tahun, United Nation Educational Scientific and Cultural Organization (UNESCO) atau organisasi Internasional naungan PBB yang menaungi hal-hal terkait dengan pendidikan, sains, dan kebudayaan selalu mengumumkan situs warisan dunia terbaru ke publik.

Pemberian gelar tersebut dilakukan sebagai pengakuan atas nilai luar biasa yang dimiliki oleh situs-situ tersebut. Dipilihnya suatu tempat sebagai situs warisan dunia terbaru tentu harus dilakukan dengan cermat. Semuanya harus memenuhi 10 kriteria, mulai dari gedung-gedung yang dibuat dari karya jenius manusia, sampai ke tempat dengan keindahan panorama yang fantastis.

Tahun 2017 ini, pemilihan situs warisan dunia dilakukan di Krakow, Polandia. Seperti dilansir National Geographic Australia, dari rapat tahunan UNESCO tersebut, diputuskan ada 21 tempat yang dinobatkan sebagai situs warisan terbaru.

Dari 21 situs tersebut, ini dia 10 di antaranya yang bisa jadi referensi untuk mencari tempat traveling terbaru!

1. The Sambor Prei Kuk, Kamboja

Kemegahan candi kuno di dalam hutan Desa Sambo, Kamboja. Tempat ini dulunya adalah ibu kota tua bernama Isanapura yang jadi pusat ibadah pada abad ke-6.

2. Pulau Suci Okinoshima, Jepang

Di Pulau Suci Okinoshima, terdapat Kuil Okitsu yang dibangun pada abad ke-17. Perempuan dilarang keras masuk ke pulau ini. Untuk para pria yang ingin masuk ke Okinoshima, diwajibkan untuk menjalani ritual pembersihan diri terlebih dahulu.

3. Kota Tua Al-Khalil, Hebron, Palestina

Saat ke Kawasan Kota Tua Al-Khalil, Hebron, Palestina, kamu akan menemukan deretan bangunan yang dibuat dari batu kapur. Gedung-gedung tersebut masih berdiri kokoh dari tahun 1250-an hingga sekarang lho. Nggak heran kalau kawasan ini dinobatkan sebagai salah satu dari Situs Warisan Dunia Terbaru.

Selengkapnya bisa kamu baca di sini.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Artikel Selanjutnya
RI Raih Juara 3 di Festival Musik Tradisional Uzbekistan
Artikel Selanjutnya
UNIQLO Luncurkan Koleksi UT Musim Dingin 2017