Sukses

Hati-Hati, Ada Jebakan di Balik Layanan Wi-Fi Gratis

Liputan6.com, Jakarta - Semua yang gratis pasti selalu menggoda. Sebut saja aplikasi games yang ditawarkan sejumlah penyedia layanan di telepon seluler. Atau akses layanan internet alias Wi-Fi gratis yang bisa dijumpai di sejumlah tempat umum seperti taman kota, bandara, dan stasiun kereta api.

Namun ternyata, tidak semua layanan berlabel gratis itu benar-benar bebas bayaran. Biasanya, pengguna layanan mesti memberi persetujuan pada kolom syarat dan ketentuan.

Namun, karena panjangnya tulisan yang harus dibaca, banyak pengguna internet langsung menggeser halaman tersebut ke bawah dan memberikan tanda persetujuan. Padahal, memberikan tanda persetujuan berarti pengguna layanan harus patuh pada syarat dan ketentuan.

Hal ini pun dimanfaatkan oleh sebuah perusahaan Inggris bernama Purple. Perusahaan tersebut melakukan riset untuk membuktikan, tak ada seorang pun yang membaca syarat dan ketentuan sebuah layanan.

Mengutip laman Phone Arena, Senin 17 Juli 2017, Purple merupakan penyedia hotspot Wi-Fi gratis untuk Legoland, Outback Steakhouse, dan Pizza Express.

Purple diam-diam menambahkan syarat layanan komunitas bagi siapa pun yang setuju menggunakan layanan Wi-Fi gratis di lokasi tertentu. Dengan syarat ini, pengguna layanan Wi-Fi gratis mereka anggap setuju untuk melakukan beberapa pekerjaan.

Misalnya saja membersihkan kotoran hewan di taman, memberi makan anjing dan kucing liar, membersihkan saluran air tersumbat, membersihkan toilet portabel, melukis cangkang bekicot, hingga membersihkan permen karet di jalan.

Gara-gara tak membaca syarat dan ketentuan ini, lebih dari 22 ribu orang setuju mengerjakan tugas-tugas di atas dengan total waktu 1.000 jam. Tentunya, hal ini dilakukan tanpa upaya hukum terhadap mereka yang enggan mematuhinya.

Menariknya lagi, Purple juga menjanjikan hadiah pada siapa pun yang menghubungi perusahaan untuk menunjukkan bahwa mereka membaca syarat dan ketentuan layanan Wi-Fi gratis itu. Hasilnya, hanya satu orang yang membaca syarat dan ketentuan dan menemukan klausul layanan masyarakat di dalamnya.

Jadi, jangan abaikan baca kolom syarat dan ketentuan Wi-Fi gratis ya... *

Artikel Selanjutnya
3 Hal yang Dapat Dilakukan di Chrome Saat Offline
Artikel Selanjutnya
6 Aplikasi di Gawai Bikin Karier Makin Cemerlang