Sukses

6 Cara Mudah untuk Mengatasi PC Berisik

Liputan6.com, Jakarta - Komputer kini telah banyak menggunakan prosesor tingkat tinggi, yang artinya akan membutuhkan kekuatan yang lebih. Kondisi ini akan membuat sistem bekerja keras dan mengeluarkan suara yang sangat mengganggu sehingga kamu merasa tidak nyaman.

Kamu merasakannya juga? Jangan khawatir, kami akan memberikan trik untuk mengusir sesuatu yang mengganggu itu. Berikut ini beberapa cara untuk menenangkan suara komputer kamu.

Periksa Bagian dalam Komputer

Kamu harus berhati-hati melepaskan bagian dalam komputer dan periksa semua bagian-bagiannya. Grommet, gasket dan juga sekrup harus kamu perhatikan. Kalau ada yang terlepas atau longgar, mereka bisa membuat PC kamu bergetar lebih keras dari yang seharusnya.

Periksa semuanya, kencangkan semua yang terlihat kendur, dan pastikan kipasnya juga sudah terpasang dengan benar atau tidak longgar. Kalau perlu, kamu bisa membeli padding atau gel untuk menahan lebih getaran.

Juga, kalau kamu melihat kipas PC kamu kotor, jangan lupa dibersihkan. Pakai sikat yang lembut untuk membersihkannya. Debu juga dapat membuat PC kamu menjadi panas dan membuat kipas (fan) PC kamu lebih berisik.

Tambahkan Isolasi Suara

Tidak sedikit komputer dibuat tanpa mempertimbangkan akustik yang bisa memperkuat suara mengalir ke telinga kamu.

Masalah seperti ini bisa diatasi dengan insulasi suara. Cara ini memang terdengar sedikit lebih ekstrem, tapi sebenarnya tidak juga. Insulasi suara ini tidak lebih dari busa cetakan yang bisa kamu beli antara 250 sampai 800 ribu rupiah yang ditempel di dalam PC. Busa ini bisa digunakan untuk memasang kipas yang tidak digunakan dan dilapisi di sisi panel.

Masalahnya, tidak semua busa sama. Pastikan kamu menggunakan busa untuk untuk barang elektronik, bukan busa untuk mencuci piring. Busa ini dapat menurunkan aliran udara di PC kamu dan pastikan kamu tidak menghalangi kipas atau ventilasi kipas.

Selengkapnya bisa kamu baca di sini.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

Artikel Selanjutnya
Tips Genjot Produktivitas Sebagai Pekerja Lepas
Artikel Selanjutnya
Trik Cerdik Hilangkan Kebiasaan Menunda-nunda