Sukses

SMP Negeri 115 Jakarta Ikuti Festival Internasional di Polandia

Liputan6.com, Jakarta Banyak yang berpendapat budaya Indonesia tidak kekinian dan cenderung ditinggalkan generasi muda. Namun ternyata anggapan itu dielakkan dan dibuktikan kebalikannya oleh sekelompok anak muda berprestasi asal SMP Negeri 115 Jakarta.

Ya, Indonesia patut berbangga hati karena di antara ramainya berita-berita tentang perisakan di sekolah, grup tari dan musik SMP Negeri 115 justru membawa angin segar dan menaikkan kembali rasa nasionalisme, SMP Negeri 115 siap mengharumkan nama Indonesia dan akan mengukir prestasi di Polandia, tepatnya di Nowy Sacz City.

Festival of The Children of Mountains ini kan berlangsung tanggal 22 Juli, sampai 30 Juli 2017. Indonesia akan berdampingan dengan tujuh negara lainnya yang turut berpartisipasi, yaitu Rusia, Ceko, Hungaria, Turki, Meksiko, India, dan tuan rumah, Polandia.

Misi budaya ini sudah dijalani secara konsisten oleh SMP Negeri 115. Dan tahun 2017 ini adalah tahun ke-9. Pada event kali ini SMP Negeri 115 Jakarta akan memboyong 24 anak dan lima representatif ke Polandia.

Siswa-siswi SMP Negeri 115 membuktikan bahwa misi budaya ini layak dan perlu dilaksanakan kembali sebagai bentuk usaha dalam memperkenalkan potensi anak muda Indonesia dalam memperkenalkan budaya bangsa.

Tentunya, hal ini tidak terlepas dari peran serta CIOFF® Indonesia sebagai organisasi non-profesi dan organisasi budaya internasional yang bekerja sama dengan SMP Negeri 115. Sesuai pengertian yang ditentukan oleh UNESCO, CIOFF® terus berusaha untuk menghidupkan budaya Indonesia di manca negara.

CIOFF® Indonesia berdiri pada 10 Agustus 1981. Setidaknya 15 grup setiap tahunnya berhasil berangkat mengharumkan nama Indonesia di berbagai festival dan perlombaan yang tersebar di seluruh dunia.

Pada Kamis, 13 Juli 2017, di Gedung BPPT, Jakarta, SMP Negeri 115 menggelar Pelepasan Duta Budaya Indonesia yang dihadiri segenap keluarga besar SMP Negeri 115, Duta Besar Polandia di Indonesia, juga perwakilan jajaran pemerintahan Republik Indonesia pun turut hadir.

Grup tari dan musik SMP Negeri 115 akan menampilkan tarian-tarian yang akan dipertunjukkan di Polandia nanti. Bukan hal mudah untuk sampai pada hari ini, karena tidak sedikit yang baru mengenal dunia tari dan musik. Banyak di antara mereka yang belajar dari nol, dan kini, mereka sudah siap untuk menampilkan yang terbaik. Disiplin dan dedikasi yang tinggi menjadi kunci untuk menyukseskan misi budaya kali ini.

SMP Negeri 115 akan membawa tarian-tarian ini ke Polandia, di antaranya adalah tari Saman dari Aceh, Greget Jawara dari Betawi, tari Yapong dari Jawa Tengah, tari Genggong dari Jawa Timur, tari Piring dari Sumatera Barat, dan medley tarian Enggang & Balian Bawo dari Kalimantan.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Artikel Selanjutnya
RI Raih Juara 3 di Festival Musik Tradisional Uzbekistan
Artikel Selanjutnya
Jelang F8, Pantai Losari Makassar Bersolek