Sukses

Ilmuwan Ungkap Bukti Kanker Adalah Penyakit Buatan Manusia Modern

Liputan6.com, Jakarta Peneliti di Universitas Manchester Inggris mengungkap asal mula penyakit kanker. Penyakit mematikan nomer dua di dunia itu disebut-sebut sebagai penyakit buatan manusia modern.

Melansir Noe Nettle, temuan itu didasarkan pada studi sejarah tentang diagnosa kanker pada mumi Mesir dan Yunani Kuno. Penelitian itu telah dipublikasikan oleh KNH Center for Biomedical Egyptology di Nature Review Cancer.

Profesor Rosalie David, Peneliti Utama di Faklutas Ilmu Hayati, Manchester mengatakan kanker sangat langka di zaman purba. Dari ratusan mumi Mesir yang diteliti, hanya ada satu kasus penyakit yang menyerupai kanker.

Sebaliknya, tingkat penyakit kanker pada manusia modern mengalami peningkatan yang sangat besar, khususnya sejak Revolusi Industri. Pada kasus manusia modern, kanker bahkan telah menyerang anak-anak.

"Di masyarakat industri, kanker adalah hal mematikan kedua setelah kardiovaskular, tapi di zaman kuno ini sangat jarang terjadi," ujarnya.

Data dari Universitas Manchester mencakup diagnosis histologis dari kanker pada seorang mumi Mesir oleh Profesor Michael Zimmerman, seorang profesor tamu di KNH Center, yang berbasis di Universitas Villanova di AS.

Ia mendiagnosis terdapat penyakit kanker rektum pada mumi yang tidak disebutkan namanya, orang 'biasa' yang pernah tinggal di Oasis Dakhleh selama periode Ptolemeus (200-400 M).

Sejak diumumkannya penelitian ini, ratusan mumi di berbagai belahan dunia juga diperiksa. Hanya ada dua temuan yang menunjukkan adanya konfirmasi mikroskopis mengenai kanker.

"Survei radiologis mumi di Museum Kairo dan museum di Eropa malah gagal mengungkapkan bukti adanya kanker," ungkapnya.

Penelitian berdasar sejarah selama berabad-abad ini akhirnya menemukan sisa-sisa mumi yang pernah melakukan operasi kanker payudara dan jenis kanker lainnya di abad ke-17. Laporan ilmiah tentang tumor baru terjadi dalam 200 tahun terakhir.

Profesor David, yang diundang untuk mempresentasikan makalahnya di hadapan Profesor Czar Inggris, Profesor Mike Richards, dan ahli onkologi lainnya di Registri Kanker Inggris, serta konferensi Jaringan Intelijen Kanker Nasional, menegaskan bahwa kanker adalah penyakit buatan manusia.

"Sekali lagi data kuno Mesir yang ekstensif, bersama dengan data lain dari ribuan milenium, memberi kabar kepada masyarakat modern dengan sangat jelas, kanker buatan manusia dan sesuatu yang dapat dan harus kita hadapi," katanya, menyimpulkan.



(war)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

Artikel Selanjutnya
Dokter Lebih Baik Telanjang Saat Operasi Pasien, Kenapa?
Artikel Selanjutnya
Wanita Ini Selamat dari Luka Tembakan Berkat Implan Payudara