Sukses

Bak Pegulat, Presiden Baru Mongolia Ini Pemenang Emas Olimpiade

Presiden kelima Mongolia ini merupakan peraih medali emas sekaligus juara dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Pada tanggal 07 Juli lalu, warga Mongolia memilih presiden baru mereka setelah pemilihan paling sulit terjadi dalam sejarah negara itu. Khaltmaa Battulga terpilih sebagai presiden untuk periode ini.

Battulga sebelumnya pernah menjabat sebagai anggota parlemen sejak 2004, terpilih kembali pada tahun 2008, dan 2012. Ia juga merupakan juara dunia di Sambo dan memimpin Mongolia meraih kemenangan medali emas pertamanya di Juno pada Olimpiade Musim Panas 2008.

Jalan Battulga mencapai tampuk pemerintahan tidaklah mudah. Lawannya, Miyegombo Enkhbold, memiliki warisan darah Tiongkok.

 

Slogan kampanye yang dilakukan oleh Battulga adalah "Mongol Yina" yang berarti "Mongol akan menang." Slogan tersebut seolah mengajak warga untuk memilih dirinya yang berdarah Mongol.

Sempat sengit, Battulga akhirnya memenangkan pemilu setelah merebut 50,6 persen suara. Ia pun terpilih menjadi presiden kelima Mongolia, menggantikan Tsakhiagiin Elbegdorj yang menjabat dua periode.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.