Sukses

Makna Penting Keluarga bagi Belva Devara, Founder Ruang Guru

Liputan6.com, Jakarta Adamas Belva Syah Devara, pemuda yang akrab disapa Belva ini merupakan seorang founder dari ruangguru.com. Berbagai prestasi luar biasa ia torehkan di bidang pendidikan. Tidak tanggung-tanggung, ia lulus dengan dual degree Master of Business Administration dari Stanford, serta Master of Public Administration dari Harvard.

Saat ditanya kenapa dirinya memilih bidang pendidikan untuk pekerjaannya, Belva menjawab, “Tingkat kenaikan diukur dari pendidikan. Pendidikan itu penting. Saya sekarang bisa sampai seperti saat ini karena termasuk orang yang peduli dengan pendidikan. Satu-satunya cara untuk menuntut juga hanya dengan pendidikan.”

Kini kesibukan di Ruang Guru menjadi rutinitas Belva sehari-hari, tepatnya sejak dirinya menjadi founder Ruang Guru. Tak pelak, waktu berkumpul bersama keluarga jarang ia dapatkan.

Kebiasaan tinggal di asrama sejak usia 14 tahun, membuatnya rindu masa-masa berkumpul bersama keluarga. Bahkan ia juga sempat menjadi seorang konsultan yang mengharuskannya bekerja pada saat hari libur. Kemudian kembali lagi tinggal di Amerika untuk melanjutkan kuliah.

Belva pun kerap diundang ke berbagai acara untuk menjadi narasumber

Terhitung 13 tahun sudah dirinya jauh dari orangtua sehingga membuat Belva selalu ingin menikmati waktu bersama keluarga sejak dirinya kembali ke Jakarta dan sedang tidak bekerja. Meskipun hanya sekedar makan atau nonton bersama keluarga, dirasa olehnya itu adalah kebahagiaan yang luar biasa.

Meskipun tidak pernah mempunyai waktu khusus untuk liburan, Belva mengaku masih bisa berlibur. Itu ia lakukan ketika dirinya ada pekerjaan ke luar kota atau ke luar negeri.

“Paling kalau liburan ya sekalian pas ada kerjaan aja, kayak minggu depan ini kan mau ke Manila, sekalian berlibur. Karena kalau khusus mempersiapkan waktu untuk liburan tidak bisa, menjadi founder saja sibuk banget,” ungkap Belva saat ditanya usai mengisi acara Inspirato Liputan6.com.

Pemuda yang hobi berolahraga gym ini mengaku, dirinya tidak pernah bosan menjalani kesibukan bekerja setiap harinya, karena ia senang dengan apa yang ia lakukan dan tidak ingin mengecewakan orang banyak.

Belva selalu ingin menikmati waktu bersama keluarga sejak dirinya kembali ke Jakarta

“Kalau dulu jadi konsultan kan butuh refreshing di luar, karena sudah pusing di kerjaan dan mengerjakan sesuatu yang tidak disukai. Kalau sekarang enjoy dan tidak terasa bosan atau gimana,” Belva menambahkan.

Belva pun kerap diundang ke berbagai acara untuk menjadi narasumber. Seperti yang ia lakukan kemarin di Liputan6.com. Belva berbagi inspirasi kepada mahasiswa-mahasiswa dari berbagai kota termasuk Jakarta. Meskipun sedikit susah untuk mengatur jadwalnya, Belva tetap senang melakukannya.

Bahkan sering kali banyak anak muda atau mahasiswa yang ingin menjadi seperti dirinya. Banyak pertanyaan-pertanyaan diajukan untuknya, baik saat mengisi acara atau di Instagram miliknya: @belvadevara yang memiliki lebih dari 11.000 pengikut. Ia pun merasa senang karena banyak anak muda yang berani bertanya, dan nantinya itu akan mendatangkan manfaat untuk mereka.

Penulis:

Lasmie

Citizen Journalist Sahabat Liputan6.com

 

Jadilah bagian dari Komunitas Sahabat Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: SahabatLiputan6@gmail.com serta follow official Instagram @SahabatLiputan6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

Artikel Selanjutnya
Makna Idul Adha di Mata Ketua DPR Setya Novanto
Artikel Selanjutnya
Hidupkan Rumah dari Ruang Keluarga