Sukses

10 Kuliner Legendaris Khas Cirebon yang Tetap Eksis

Liputan6.com, Jakarta - Cirebon memang menjadi salah satu kota di Jawa Barat yang juga jadi destinasi favorit para traveler. Selain keberadaan jalur Pantura atau batik Megamendung dengan motif menawan, Kota Wali ini juga dikenal memiliki banyak pilihan menu lezat dengan rasa otentik, lho. Walau saat ini keberadaan restoran yang menawarkan hidangan modern, nyatanya kuliner enak khas Cirebon yang legendaris tetap eksis dan diminati.

Jangan ngaku pencinta kuliner Nusantara kalau belum mencoba satu dari 10 daftar kuliner enak khas Cirebon ini.

1. Sega Jamblang

Siap-siap ketagihan saat menyantap kuliner legendaris satu ini. Sebenarnya, sega jamblang atau nasi jamblang adalah jenis makanan yang sangat sederhana.

Seporsi nasi dihidangkan bersama dengan berbagai pilihan lauk seperti tempe goreng, ikan asin, pepes, ayam goreng, udang, sate, semur, sayuran, sambal dan masih banyak lagi. Yang membuat istimewa adalah penggunaan daun jati sebagai wadah untuk menyajikan makanan ini.

2. Empal Gentong

Kalau suka dengan menu yang berkuah, boleh banget pilih menu satu ini. Yang membuat cita rasa empal gentong berbeda dengan kuliner lainnya adalah karena dimasak di atas kayu bakar dan gentong.

Aroma yang dihasilkan tentu jadi lebih sedap. Semangkok empal gentong akan diisi dengan potongan daging, jeroan sapi, dan lontong yang kemudian disiram dengan kuah kaldu santan yang gurih. Supaya lebih nikmat, kamu bisa menikmati dengan kucai atau sambal.

3. Tahu Gejrot

Kamu mungkin sudah pernah mencoba kuliner enak khas Cirebon yang satu ini. Selain di kota asalnya, tahu gejrot memang mudah ditemukan di tempat-tempat lain. Paling enak menikmati seporsi camilan ini saat sedang kumpul bersama teman atau keluarga.

Tahu gejrot terbuat dari potongan tahu goreng yang disiram dengan kuah manis yang terbuat dari air asam, gula jawa, dan kecap. Bumbu dari makanan ini cukup sederhana karena hanya menggunakan cabai rawit dan bawang. Walaupun begitu, rasa yang ditawarkan sangatlah spesial. Sebab, kombinasi dari rasa manis, asam, gurih, dan pedas berpadu dengan sempurna di mulut.

Selengkapnya bisa kamu baca di sini. *

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

Artikel Selanjutnya
15 Makanan Khas Cirebon Ini Bertahan dari Gempuran Junk Food
Artikel Selanjutnya
Kuliner Khas di Makassar Culinary Night Siap Menggoyang Lidah