Sukses

Wajan Antik Berusia 2.000 Tahun Dihargai Rp 350 Juta, Minat?

Sebuah wajan perunggu kuno berusia sekitar 2.000 tahun, memecahkan rekor di sebuah pelelangan.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah wajan perunggu kuno berusia sekitar 2.000 tahun, memecahkan rekor di sebuah pelelangan. Wajan yang berasal dari dinasti Zhou itu dijual seharga US$ 27 juta atau Rp 350 juta lebih.

Harga tersebut menetapkan rekor baru untuk barang antik Tiongkok. Tiga orang berkompetisi untuk mendapatkan wajan antik tersebut, termasuk seorang kolektor seni terkenal setempat.

Wajan perunggu berdiameter 47 sentimeter itu dilengkapi dengan prasasti 133 karakter. Wajan bernama Xi Jia itu dulunya milik seorang pejabat tinggi selama dinasti Zhou dan telah berganti pemilik selama berabad-abad.

Melansir dari South China Morning Post, wajan itu merupakan harta nasional Tiongkok yang sama berharganya dengan "Gong Mo," prasasti perunggu terpanjang di dunia yang ditempatkan di dalam kuali. Kuali Gong Mo kini disimpan di Museum Istana Nasional Taiwan. *

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.