Sukses

Sakit Perut, 200 Batu Kerikil Bersarang di Perut Wanita Ini

Liputan6.com, Tiongkok - Ahli bedah di Rumah Sakit Guanji, Hezhou, Tiongkok, baru-baru ini dibuat kaget setelah mengeluarkan lebih dari 200 batu dari kantong empedu dan hati seorang perempuan berusia 45 tahun.

Kondisi langka tersebut dialami perempuan bernama Chen. Dia rupanya telah mengalami sakit perut selama lebih dari satu dekade. Ketika diperiksa untuk pertama kalinya, dokter menunjukkan penyebab masalah tersebut karena adanya beberapa batu di kantong empedu dan hatinya.

Dokter akhirnya memintanya menjalani operasi untuk menyingkirkan batu-batu tersebut dari perutnya. Selama satu setengah jam operasi, tim medis berhasil memindahkan lebih dari 200 batu dari kantong empedu dan hatinya, mulai dari kerikil-kerikil kecil hingga batuan seukuran telur cicak.

Seperti diberitakan Odditycentral, Sabtu (21/7/2017), dr Quan Xuwei, salah satu ahli bedah yang menangani Chen mengatakan bahwa sejumlah besar batu tidak biasa. Munculnya batu-batu itu mungkin disebabkan pola makan yang buruk.

Ternyata, Chen sering melewatkan sarapan pagi dan memakan sisa makanan pada jam-jam yang tidak teratur. Hal itu menyebabkan empedu membangun di kantong empedu, kadar kalsium dan kolesterol tinggi sehingga mengkristal menjadi batu.

Dr Quan menambahkan, banyak pasien mengalami kondisi serupa karena memiliki kebiasaan lupa sarapan atau terburu-buru makan. Namun, teori melewatkan sarapan yang bisa mengakibatkan terbentuknya kantong empedu dan batu hati tidak didukung oleh bukti medis.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini