Sukses

5 Cara Mengatasi Depresi yang Dapat Kamu Coba

Liputan6.com, Jakarta Dunia hiburan Tanah Air digegerkan oleh kabar meninggalnya CEO Takis Entertaiment, Oka Mahendra Putra. Tidak lama setelah itu, vokalis band Linkin Park juga dikabarkan meninggal. Kedua kasus kematian itu diduga karena bunuh diri akibat depresi. 

Depresi pada mulanya disebabkan karena banyaknya beban pikiran yang membuat seseorang menjadi stres dan kepikiran. Depresi dapat ditandai dengan mudah marah, emosi, mudah lemah, berubahnya nafsu makan, mudah cemas, sulit tidur dan lain-lain. Jika kamu mengalami ciri-ciri tersebut, kemungkinan kamu sudah mengalami depresi ringan.

Berikut lima tips yang dapat kamu lakukan agar bisa mengatasi depresi melansir dari Everyday Health.

Berolahraga. Kamu tentunya tahu bahwa olahraga baik untuk kesehatan. Bukan hanya untuk kesehatan fisik, ternyata berolahraga juga menyehatkan mental. Tidak harus olahraga berat, kamu dapat berjalan, berlari, atau bersepeda. Usahakan olahraga dilakukan di luar ruangan agar kamu dapat menghirup udara yang segar dan menyatu dengan alam. 

Pijat. Selain membuatmu merasa nyaman, pijat juga dianggap ampuh untuk menghilangkan stres. Pijat dapat dilakukan sebanyak seminggu sekali agar saraf-saraf tidak tegang. Kamu tidak diharuskan untuk melakukan pijat di tempat refleksi, melainkan hanya dengan menyuruh teman atau saudara untuk memijatmu. 

Menulis atau Menggambar. Menulis atau menggambar dapat membantumu mengurangi rasa depresi. Kedua hal tersebut dianggap dapat membantumu mengekspresikan apa yang sedang kamu rasakan. Gambar atau tulisan yang kamu hasilkan tidak perlu sempurna, asal sudah menyalurkan stresmu, kamu dapat berhenti. 

Berbicara dengan Teman. Hal yang satu ini memang sangat ampuh dan paling sering dilakukan. Seseorang yang sedang depresi dianjurkan untuk berbicara dengan seseorang. Tidak harus dengan teman, kamu dapat menceritakan atau berbagi beban pikiranmu dengan orang-orang terdekatmu. Dengan berbicara, bisa saja orang terdekatmu membantumu keluar dari masalah yang kamu hadapi. 

Menangis dan Berteriak. Jika kamu merasa perlu untuk menangis, maka menangislah. Buatlah dirimu merasa lepas dan bebas. Biasanya setelah menangis atau berteriak, seseorang akan merasa lebih lega.  

 

Penulis:

Nadia Donna

Sahabat Liputan6 

 

Jadilah bagian dari Komunitas Sahabat Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: SahabatLiputan6@gmail.com serta follow official Instagram @SahabatLiputan6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

Artikel Selanjutnya
4 Trik Enyahkan Rasa Malas
Artikel Selanjutnya
5 Waktu Masturbasi Bisa Jadi Pereda Masalah