Sukses

12 Kuliner Mi Khas Nusantara yang Nikmatnya Kebangetan

Liputan6.com, Jakarta - Mi memang menjadi salah satu makanan yang disukai banyak orang. Kuliner yang aslinya berasal dari Tiongkok ini selalu diminati oleh orang-orang di seluruh dunia, termasuk Indonesia, karena memiliki rasa yang nikmat dan memikat.

Karena Indonesia terdiri atas beberapa wilayah dari Sabang sampai Merauke, varian mi khas nusantara yang bisa kamu pilih pun lebih beragam. Masing-masing punya keunikan dan keautentikan rasa tersendiri lho. Yang pasti, semuanya tetap menunjukkan ciri khas kuliner dalam negeri yang kaya bumbu dan rempah.

Dari berbagai jenis mi khas nusantara berikut ini, mana saja yang sudah kamu coba?

1. Mi Aceh, Nanggroe Aceh Darussalam

Kenikmatan mi aceh yang legendaris membuat kuliner yang berasal dari Serambi Mekah ini bisa dengan mudah kamu temukan di kota-kota lain. Hal utama yang membuat makanan ini begitu dicintai para penggemar mi adalah penggunaan bumbu rempah yang enggak pelit. Terbayang kan betapa nikmatnya menyantap mi lembut bercita rasa pedas, gurih, dan asam sekaligus di mulut? Supaya lebih mantap, mi aceh disajikan dengan daging, ayam, udang, atau kepiting.

2. Mi Belitung, Belitung

Belum afdol kalau traveling ke Kota Laskar Pelangi tanpa mencicipi lezatnya mi belitung. Seporsi mi belitung berisi mi kuning, potongan kentang, kekian, udang goreng, taoge, timun, dan kuah kaldu udang yang kental. Supaya lebih nikmat, emping selalu hadir sebagai pelengkap makanan ini.

3. Mi Ongklok, Wonosobo

Daerah Dieng, Wonosobo, memang terkenal dengan udaranya yang sejuk dan cukup dingin. Untuk menghangatkan diri saat liburan ke sana, kamu tak boleh melewatkan kesempatan menjajal mi ongklok. Kuliner berisi mi, potongan kol, dan daun kucai dimasak menggunakan saringan tradisional yang terbuat dari bambu.

Mi dan sayuran tersebut dicelupkan ke air mendidih dengan menggunakan ongklok. Setelah matang, mi disiram dengan kuah kaldu kental yang gurih. Pelengkap seperti satai sapi, tempe kemul, atau keripik tahu bisa jadi pilihan untuk melengkapi cita rasa mi ongklok agar rasanya jadi lebih istimewa.

Selengkapnya bisa kamu baca di sini.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

Artikel Selanjutnya
Mencicip Kuliner Warisan Nusantara di Festival Kuliner Surabaya
Artikel Selanjutnya
Berburu Nikmatnya Jajanan Khas Sunda di Festival Kuliner Serpong