Sukses

Tak Biasa, Musisi Jalani Operasi Sambil Bermain Gitar

Seorang pria India, diminta untuk memainkan gitar kesayangannya selama operasi otak.

Liputan6.com, Banglore - Seorang pria India, diminta untuk memainkan gitar kesayangannya selama operasi otak. Terdengar tak biasa, namun dokter melakukan tersebut untuk memastikan tak ada yang salah selama operasi berlangsung.

Abhishek Prasad (37) memiliki kelainan neurologis yang langka. Menurut tim dokter dari Rumah Sakit Bhagwan Mahaveer Jain, Banglore, pria itu mengalami kelainan saraf langka yang disebut "musicians dystonia."

Dystonia adalah kelainan yang menyebabkan kontrak otot tidak dan postur tubuh yang tak normal. Saat operasi dilakukan, ahli bedah mengebor tengkorak Prasad dan menempelkan sebuah elektroda yang memungkinkan tim dokter untuk mengetahui bagian otak yang rusak.

"Selama operasi, ia sepenuhnya terjaga dan bermain gitar. Karena penyakit saraf ini hanya muncul saat ia bermain alat musik yang dipetik," kata Dr Sharan Srinivasan yang tergabung dalam tim dokter tersebut.

Menurut sang dokter, umpan balik sangat penting bagi dokter untuk menentukan lokasi dan target saraf yang tepat untuk dioperasi. Sebelum operasi, Prasad mengalami kram di jemari salah satu tangannya yang membuatnya tak bisa bermain alat musik petik dengan benar.

Melansir dari Times of India, setelah operasi yang terbilang unik itu, Prasad tercengang mendapati jarinya membaik. Jarinya sembuh 100 persen dan ia bisa bermain gitar atau alat musik petik lainnya kembali.

Prasad telah mencari pengobatan dari banyak spesialis sebelum direkomendasikan prosedur aneh tersebut. Ia mengucapkan terima kasih kepada dokter dan memainkan beberapa lagu untuk menunjukkan seberapa baik dia telah pulih. *

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.