Sukses

PT Pertamina Gagas Citizen Journalist Academy Khusus Mahasiswa

Liputan6.com, Jakarta PT Pertamina (Persero), Liputan6.com, dan Indosiar bersinergi menggelar ajang Citizen Journalist Academy #EnergiMudaPertamina. Tujuannya untuk mengakomodir generasi muda dalam berkarya pada bidang citizen journalism.

Citizen Journalist Academy #EnergiMudaPertamina merupakan program kepelatihan di bidang media digital dan televisi melalui program pembelajaran berbasis komunitas yang dikemas secara menarik dan edukatif.

Pimpinan Redaksi Liputan6.com, Mohamad Teguh mengatakan, melalui program Citizen Journalist Academy #EnergiMudaPertamina, Liputan6.com, dan Indosiar akan berbagi pengalamannya selama berkarya kepada peserta.

Menurutnya, selain memberikan kepelatihan secara teknik, penyelenggara juga akan memberikan pengetahuan tentang aturan yang harus dipatuhi dalam membuat karya jurnalistik.

"Kita tidak ingin juga semua konten, semua foto, semua cerita, dibangun tanpa pertanggungjawaban dari masing-masing penulisnya, dengan harapan ini kita bisa sharing dengan teman-teman bagaimana sih pengalaman jurnalisme untuk kita ketika membuat konten, dimana dibatasi oleh aturan yang kita patuhi," papar Teguh, saat menghadiri peluncuran Citizen Journalist Academy #EnergiMudaPertamina, di kawasan Sarinah, Jakarta, Selasa (25/7/2017).

Ajang Citizen Journalist Academy #EnergiMudaPertamina mencari 30 mahasiswa yang memiliki bakat menulis, videografi dan presenting dari tiga kota, yaitu Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jobodetabek), Semarang, dan Balikpapan.

Peserta yang terpilih nantinya akan belajar dan merasakan secara langsung menjadi Mobile Digital Journalist & Community Public Relations.

Target peserta adalah mahasiswa aktif berusia 17-24 tahun yang memiliki minat di bidang jurnalistik, video, presenter, dan public relations. ‎Program kreatif kepelatihan ini akan berlangsung selama 4 bulan di bawah bimbingan Liputan6.com, Indosiar, dan Pertamina.

Program ini dimulai dengan Campus Roadshow di tiga kota, yakni  Jakarta pada 27 Juli, Semarang pada 3 Agustus, dan Balikpapan pada 10 Agustus 2017.

Kandidat terpilih akan mengikuti program kreatif mentorship ini pada 15 Agustus sampai dengan 15 November 2017, kemudian dilanjutkan dengan National Camp Jambore & Wisuda pada November 2017. Puncak program kreatif mentorship ini adalah pemberian grand prize bagi mahasiswa terbaik angkatan pertama berupa hadiah liburan ke Lombok.

Sesuai dengan karakteristik generasi milenial, program kreatif mentorship ini akan mengoptimalkan penggunaan TV dan digital yaitu TV dan digital content, media sosial, dan community engagement.

Terkait dengan televisi, segmen citizen journalist akan dialokasikan di program FOKUS akhir pekan INDOSIAR. Sementara untuk sosial media akan menggunakan official hastag #EnergiMudaPertamina di Instagram dan Twitter.

Untuk penggunaan digital media, artikel citizen journalist akan ditayangkan di program Campus CJ 6 Liputan6.com. Terakhir untuk community engagement akan mengembangkan program komunitas Campus CJ 6 di masing-masing kota.

Selama magang, 30 mahasiswa terpilih dibagi dalam dua tim, yaitu tim A sebanyak 26 orang dan tim B sebanyak 4 orang.  Tim A akan fokus kepada mobile digital journalist yang akan mengangkat tema Inspirasi (Sosok), Fakta Unik, Local Wisdom, Sejarah, Kuliner, Wisata dan All About Pertamina (pabrik, program CSR dan lain sebagainya).

Sementara Tim B fokus terhadap hal-hal community engagement dan public relations, seperti program edutrip ke Pertamina, sosialisasi program CJA – Energi Muda Pertamina dan social campaign.
‎‎
Pjs. Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Eviyanti Rofraida mengatakan, tujuan Pertamina dalam program ini di antaranya untuk membentuk komunitas yang berkesinambungan. Komunitas ini juga akan menjadi kepanjangan tangan dari Pertamina, dalam menyebarkan semangat energi Pertamina kepada khalayak muda. Selain itu, program ini membantu mengedukasi  generasi muda untuk meningkatkan soft skill di bidang jurnalistik, digital media, dan public relations.

“Yang terpenting juga program yang baru pertama kali diselenggrakan ini, didedikasikan untuk anak muda dalam rangka menyambut ulang tahun Pertamina yang ke 60,” tutup Eviyanti.

Jadilah bagian dari Komunitas sahabat Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: sahabatliputan6@gmail.com serta follow official Instagram @sahabatliputan6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami. *

Artikel Selanjutnya
Pertamina Beri Kejutan ke Pelanggan Pertamax Cs di 52 SPBU
Artikel Selanjutnya
Anugerah BUMN Awards 2017 Tingkatkan Nilai BUMN Bagi Negeri