Sukses

10 Oleh-Oleh Khas Banyuwangi Kekinian, Apa Saja?

Liputan6.com, Jakarta - Setelah keliling tempat wisata di Banyuwangi rasanya belum lengkap jika pulang tanpa membawa oleh-oleh khas Banyuwangi untuk keluarga di rumah. Kira-kira apa saja daftar oleh-oleh khas Banyuwangi yang lagi hits ya?

1. Kerupuk Rumput Laut

Seperti halnya wilayah pesisir laut yang kaya dengan hasil tangkapan dan budidayanya. Banyuwangi juga punya produk unggulan kerupuk rumput laut seperti di Lombok. Oleh-oleh khas Banyuwangi yang satu ini memiliki rasa yang gurih tanpa msg. Produk kerupuk rumput laut termasuk produk ukm yang dikelola oleh ibu-ibu koperasi.

2. Kopi khas Banyuwangi

Kopi khas Banyuwangi punya empat produk unggulan yaitu Kopi Kemiren, Kopi Lanang, Kopi Seblang dan Kopi Pingit. Kopi Kemiren merupakan produk kopi rumahan, sedangkan kopi Lanang dikelola oleh PTPN XII Kalibaru. Untuk kopi Seblang sedikit istimewa karena ada jenis yang berasal dari biji kopi luwak. Sedangkan kopi Pingit adalah kopi ayang berasal dai pegunungan Gumitir, Kalibaru. Oleh oleh khas Banyuwangi sayang sekali jika kamu lewatkan.

3. Batik Banyuwangi

Batik Banyuwangi yang paling populer memiliki motif Gajah Oling, bentuknya seperti kembang atau bunga tapi mirip dengan kuping gajah. Selain motif Gajah Oling, Banyuwangi juga memiliki motif lain yang tak kalah menarik seperti Kangkung Setingkes, Sembruk Cacing, Gedhegan dan motif-motif lainnya.

4. Kaos Banyuwangi

Selain batik, Banyuwangi juga sudah memiliki kaus khas Banyuwangi. Kalau Surabaya punya batik Cak Cuk, Banyuwangi punya batik khas dengan merek KaOsing. Kaus Banyuwangi tak berbeda dengan kaus-kaus kreatif lainnya dengan menjual desain dan kata-kata unik khas Banyuwangi. Sasarannya tentu saja anak muda yang berwisata ke Banyuwangi.

Selengkapnya bisa kamu baca di sini.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

Artikel Selanjutnya
Hapalkan 8 kosakata Ini Kalo Mau Dibilang Anak Gaul
Artikel Selanjutnya
Menyantap Menu Autentik Negeri Tirai Bambu di Jakarta Barat