Sukses

Keren, Bandara Di Jogja Hadirkan Bahasa Jawa Untuk Pengumuman

Bandar Udara Internasional Ajisutjipto, menambahkan satu bahasa untuk pengumuman, yaitu Bahasa Jawa.

Liputan6.com, Yogyakarta - Salah satu bandara yang berada di Jogja, Bandara Ajisutjipto, menambahkan satu bahasa lagi untuk pengumuman. Pihak Pengelola Bandar Udara menambah Bahasa Jawa untuk mengumumkan informasi penting terkait di bandara.

Biasanya, bandara di Indonesia umumnya hanya menghadirkan dua bahasa saja dalam menyapaikan informasi. Selain Bahasa Indonesia, bandara juga menghadirkan Bahasa Inggris untuk wisatawan asing.

Lain halnya dengan Bandar Udara Internasional Adisutjipto. Mereka menambahkan satu bahasa daerahnya untuk di dalam bandara, yaitu Bahasa Jawa.

Sebelumnya, bandar udara Adisutjipto ini memang sudah memiliki dua bahasa untuk pengumuman, yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Dengan penambahan bahasa daerah ini dimaksutkan untuk memperkenalkan budaya Jawa dan menghadirkan nuansa kearifan Yogyakarta kepada para wisatawan asing maupun lokal.

"Bahasa Jawa, bahasa dan dialeg yang biasa digunakan oleh masyarakat di Pulau Jawa kini dapat langsung dirasakan di bandara," ucap Pihak Pengelola Bandar Udara Internasional Ajisutjipo.

Dengan penambahan Bahasa Jawa di Bandara Interasional Adisutjipto, menjadikan bandara ini termasuk kedalam bandara yang menghadirkan bahasa daerah. Sebelumnya, sudah ada nama Bandara H Aroeppala di Kabupaten Selayar yang terletak di Sulawesi Selatan juga telah lebih dulu menghadirkan bahasa daerah untuk pengumuman informasi. * (Al Hafiz)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.