Sukses

Unik, Kucing Ini Jadi Ibu Asuh 8 Bayi Landak yang Induknya Mati

Ternyata kucing juga mempunyai naluri menolong layaknya manusia.

Liputan6.com, Jakarta - Ternyata kucing juga mempunyai naluri menolong layaknya manusia. Seekor kucing di kebun binatang di Vladivostok, Rusia, ini menjadi perhatian publik dengan apa yang dilakukannya.

Kucing betina yang bernama Muska ini mengambil alih peran ibu landak yang meninggal beberapa hari sebelumnya. Induk landak yang malang itu mati karena tergilas mesin pemangkas rumput.

Tragisnya, ia meninggalkan delapan bayi landak yang harus menyusu. Sayang sekali bayi-bayi landak itu menolak minum susu botolan. Hal ini membuat petugas kebun binatang panik. Lalu, mereka mencari akal, bagaimana caranya menyelamatkan nyawa delapan bayi landak yang bulunya runcing itu.

Bayi-bayi itu lalu dipertemukan dengan Muska. Entah karena lapar atau kangen sama induknya, bayi-bayi ini langsung menyusu ke ibu barunya itu. Muska pun tampaknya tak keberatan menyusui bayi-bayi barunya.

Uniknya, kucing berbulu hitam itu tak hanya menyusui kedelapan bayi landak itu sampai kenyang, tapi ia juga menidurkannya. Menurut media setempat, Muska menyusui delapan bayi landak itu sampai seminggu.

Kini bayi-bayi itu sudah bisa mengunyah makanannya sendiri. Namun, hubungan Muska dengan anak-anak barunya ini tetap akrab. Uniknya, hubungan kucing dan landak ini terungkap setelah pihak kebun binatang mengunggah foto-foto dan video mereka di Instagram. 

Juru bicara kebun binatang Sadgorod Alyona Asnovina mengatakan, di wilayah timur Rusia ini memang banyak ditemukan landak yang hidup di tempat ini.

Kasus kucing menyusui bayi landak ini ternyata bukan pertama kali di negara ini. Pada tahun 2012, seekor kucing bernama Sonya juga mengasuh empat ekor bayi landak bersama anaknya sendiri.

Inspiratif, bukan?

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.