Sukses

Patut Dicoba, Ngopi Anti-mainstream dengan Biji Mangrove

Liputan6.com, Indramayu - Pecinta kopi pasti sudah biasa dengan jenis robusta dan arabika. Bahkan kadang kedua varietas itu digabung. Mau coba tantangan baru?

Kopi yang satu ini lain dari yang lain. Bukan berasal dari biji kopi robusta atau arabika, melainkan dari biji mangrove atau bakau. Bentuk dan warnanya sama. Namun cita rasanya yang berbeda.

Menikmati segelas kopi anti-mainstream seperti kopi biji mangrove tentu menjadi sensasi tersendiri. Jenis kopi anti-mainstream ini jelas menambah kekayaan kopi Nusantara yang selama ini didominasi robusta dan arabika.

Seiring dengan perkembangan budi daya kopi di Indonesia, sejumlah coffee shop alias kedai kopi juga hadir di tengah aktivitas masyarakat. Beragam jenis kopi dengan sejumlah menu dari bahan dasar kopi pun disajikan para barista.

Namun, dalam perkembangannya, seduhan kopi tidak selamanya berasal dari biji kopi yang ditanam petani. Kelompok Jaka Kencana di Jalan Karangsong, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat mengembangkan kopi yang terbuat dari biji mangrove.

Kelompok Jaka Kencana di Jalan Karangsong, Indramayu, Jawa Barat, mengembangkan kopi yang terbuat dari biji mangrove. (Liputan6.com/Panji Prayitno)

"Awalnya tahun 2014, kami mencoba membuat kedelai karena waktu itu di televisi sedang terjadi kelangkaan kedelai. Dari olahan biji kopi yang kami kembangkan, saya kepikiran sepertinya ini bisa dibikin kopi. Setelah saya coba ternyata bisa," ucap Ketua Kelompok Jaka Kencana, Abdul Latief di Indramayu, Minggu 30 Juli 2017.

Dia menjelaskan, biji mangrove yang digunakan merupakan jenis kacang kerandang atau Pueraria phaseoloides. Biji mangrove jenis ini merupakan biji yang bisa menjadi makanan olahan mangrove, termasuk kopi.

Penasaran kan seperti apa rasanya ngopi anti-mainstream dengan biji mangrove?

(ul)

Penulis:

Panji Prayitno

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

Artikel Selanjutnya
Mengharukan, Pemuda Keterbelakangan Mental Rawat Ibu Lumpuh
Artikel Selanjutnya
Hangatkan Pagi dengan Segelas Kopi Anti-mainstream dari Mangrove