Sukses

Demi Globalisasi, Siswa SD-SMP Ini Gaul dengan Masyarakat ASEAN

Liputan6.com, Depok - Agar para siswa terbiasa dengan arus globalisasi, sekolah berupaya memberikan international exposure. Termasuk bergaul dengan Masyarakat ASEAN.

Bertepatan dengan momentum 50 tahun ASEAN, Fabrian School ingin meningkatkan pengetahuan siswa-siswi sekolahnya tentang ASEAN.

Pada 3 Agustus 2017, lagu kebangsaan ASEAN, The ASEAN Way, berkumandang di aula Fabrian School. Yayasan Andriani Fabrian bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri menyelenggarakan "Forum Masyarakat Sosial Budaya ASEAN dalam Rangka HUT ke-50 ASEAN".

Tujuannya untuk meningkatkan pemahaman para siswa SD dan SMP akan Masyarakat ASEAN (ASEAN Community), terutama di pilar Sosial Budaya.

"Kami merasa perlu menyosialisasikan perkembangan Masyarakat ASEAN kepada siswa-siswi Fabrian School. Tahun ini, selain Masyarakat ASEAN telah berlangsung selama 2 tahun, organisasi ASEAN juga merayakan hari jadi yang ke-50. Harapan kami, siswa-siswi dapat belajar langsung dari para praktisi dan memperluas pengetahuan mereka," ujar Ir Fera Andriani MM selaku ketua Yayasan Andriani Fabrian.

Yayasan Andriani Fabrian menaungi Fabrian School berdiri tahun 2006 di Grogol, Limo, Depok, Jawa Barat. Selain mengadakan forum sosialisasi ASEAN, sekolah ini juga mendatangkan guru tamu dari luar negeri seperti China, Jerman dan Kolombia dari waktu ke waktu. Fabrian School juga merupakan sekolah pertama yang mengadakan forum sosialisasi ASEAN di tingkat SD dan SMP.

"Dulu forum seperti ini sudah sering kami selenggarakan pada tingkat Sekolah Menengah Atas dan Universitas, namanya ASEAN Goes to School. Namun pertama kali mengadakan di tingkat SD dan SMP ya di Fabrian School. Ini merupakan inisiatif yang bagus karena menuju Masyarakat ASEAN 2025, anak-anak inilah yang akan meneruskan kita memimpin negara," kata Nur Rochma Amaliah selaku Pejabat Fungsional Diplomat, Direktorat Kerjasama Sosial Budaya ASEAN (KSBA) Kemenlu.

Topik yang dibahas seputar sejarah ASEAN serta Masyarakat ASEAN yang terdiri dari tiga pilar, yakni Ekonomi, Sosial Budaya dan Politik-Keamanan. Perpustakaan Fabrian School pun mendapat sejumlah buku mengenai ASEAN. Semoga pengetahuan anak bangsa mengenai Masyarakat ASEAN dapat menjadi bekal bagi masa depan penerus bangsa.  

(ul)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

Artikel Selanjutnya
Jelang UTS, 72 Siswa SMAN 10 Bekasi Belum Dapat Pelajaran
Artikel Selanjutnya
Jajanan Sekolah Harus Aman, Sehat, dan Bergizi