Sukses

Tak Mau Putus Sekolah, Anak Pulau Morotai Butuh Uluran Tangan

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki laut biru dan pasir pantai yang lembut serta batu koral warna-warni, Pulau Moratai kurang didukung kualitas sumber daya manusia. Anak-anak di Kepulauan Halmahera, Maluku Utara ini butuh uluran tangan agar tak putus sekolah.

Hasil survei Gerakan Nasional Orang Tua Asuh (GNOTA), dari 100 anak yang ada di satu sekolah, ada 98 anak butuh bantuan agar bisa terus sekolah. Semangat anak-anak tersebut tidaklah didukung dengan kondisi sekolah. Hal ini terlihat dari fisik bangunan yang tidak layak dan memprihatinkan, guru yang minim baik dari segi kuantitas maupun kualitas, serta fasilitas sekolah yang belum memadai.

Saat Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2017, GNOTA menghadiri acara yang berlokasi di SD BPD Filia, Morotai. Kondisi fisik sekolah maupun anak-anak dari SD BPD Filia ini merupakan salah satu contoh dari beberapa sekolah yang harus dibantu.

Antusiasme anak-anak untuk mengikuti acara sangat baik, karena di acara tersebut dilakukan pemutaran film pendek tentang pendidikan, pemberian buku dan fasilitas olahraga secara simbolik kepada sekolah, dan juga penandatanganan Bingkai Mimpi.

"Kami mengharapkan sahabat GNOTA ikut ambil bagian membantu anak-anak Morotai agar tidak putus sekolah dan pendidikan dasar sembilan tahun tercapai," tulis tim GNOTA dalam Kitabisa.com.

GNOTA menuturkan, donasi yang terkumpul akan diberikan kepada anak-anak miskin di beberapa sekolah di Morotai dalam bentuk perlengkapan sekolah dan dibagikan waktu ajaran baru dimulai periode Juli-Desember. Hal ini dilakukan agar anak-anak semangat masuk ke kelas baru. Kelas baru, perlengkapan sekolah baru seperti baju seragam, sepatu, tas, alat tulis.

Tim GNOTA akan terus melakukan perjalanan tahun depannya lagi, untuk meng-update data anak-anak asuh sambil memonitor sampai anak-anak ini lulus SMP. GNOTA berharap donasi yang diberikan nanti sekecil apa pun, akan menjadi manfaat yang besar untuk anak-anak miskin di Morotai.

Kalau bukan sekarang, kapan lagi? Kalau bukan Anda, siapa lagi? Yuk, bantu anak-anak Pulau Morotai agar tak sampai putus sekolah dengan mengklik link ini.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Artikel Selanjutnya
Ini Gubuk Derita Mak Cacih yang Miring dan Hampir Roboh
Artikel Selanjutnya
Puluhan Siswa SD Harus Seberangi Sungai untuk Sampai ke Sekolah