Sukses

Apartemen Mewah Bak Spiral DNA, Cikal Bakal Kota Masa Depan

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah apartemen berliku di Taipei, Taiwan, hampir selesai pembangunannya. Bagian depan apartemen, atap, dan juga balkon gedung pencakar langit ini akan diisi 23 ribu pohon dan juga semak-semak.

Jumlah ini hampir sama dengan yang ada di Central Park, New York. Kelak, bangunan apartemen mewah ini akan menampung sekitar 40 kondominium mewah.

 

Bangunan ini disebut Tao Zhu Yin Yuan Tower atau Agora Garden. Bangunan ini dirancang oleh Vincent Callebaut yang terinspirasi pada model sebuah DNA. Gedung bertingkat 20 ini berada di wilayah XinYi, tepatnya di jantung Kota Taipe.

Bagian atas gedung sudah selesai pada Juli 2017 lalu. Perusahaan yang membangun gedung tersebut mengklaim bahwa tanaman yang berada di sekitar balkon mampu menyerap 130 ton karbon dioksida per tahun.

 

Proyek dari Callebaut lainnya adalah mengubah sebuah zona industri di Belgia. Ia juga mengerjakan sebuah terminal Ferry di Seoul, Korea Selatan.

Desain yang dikerjakan oleh Callebaut ini memiliki konsep yang sama dengan bangunan di Taipei, yaitu bangunan yang ditutupi oleh tanaman. Ia membuat sebuah konsep rumah kaca untuk mengaplikasikannya pada bangunan-bangun yang dirancangnya. Agora Garden mulai dibangun pada tahun 2013, dan diperkirakan mulai di buka pada September ini.

 

Penulis:

Novita Ayuningtyas

STMM "MMTC" Yogyakarta

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Artikel Selanjutnya
5 Pilihan Apartemen yang Cocok Buat Mahasiswa
Artikel Selanjutnya
Bikin Bingung, Bangunan Penuh Ilusi Ciptaan Arsitek Kenamaan