Sukses

6 Tips Tampilkan Kesan Baik Saat Berbincang dengan Orang Baru

Liputan6.com, Jakarta - Berkenalan dengan orang baru sebenarnya sangat menyenangkan. Mengetahui dan dekat dengan pribadi yang baru, menjadi tantangan untuk kita sekaligus menjadi pelajaran untuk kita sendiri.

Namun saat canggung, kadang percakapan yang dilakukan menjadi kurang nyaman. Dikutip dari Brightside. Berikut enam cara ampuh saat berbincang dengan orang baru dan membuat kesan yang baik.

1. Tunjukkan kesan tertarik kepada lawan bicara ketika ia sedang bercerita

Terkadang orang lain senang berbicara tentang dirinya. Cobalah perhatikan dan dengarkan baik-baik apa yang dibicarakannya serta buatlah kesan seolah kamu tertarik pada apa yang dia bicarakan.

2. Hindari pertanyaan yang bisa dijawab dengan ya/tidak

Saat berbincang dengan orang lain cobalah untuk menanyakan pertanyaan yang lebih luas. Hindari pertanyaan seperti "Apakah kau suka tempat ini?" dan pertanyaan yang sejenis. Ini dimaksudkan agar perbincangan menjadi lebih luas dan menarik untuk didalami.

3. Biarkan lawan bicaramu menjelaskan hal yang belum kamu tahu

Jika lawan bicaramu menyebutkan sesuatu hal yang baru, biarkan dia menjelaskan atau minta dia untuk menjelaskan hal tersebut. Hal ini dilakukan agar pembicaraan yang kalian lakukan menjadi semakin dalam.

4. Baca berita terkini

Sebagian orang akan sedikit malas untuk membaca kolom berita di portal berita maupun media lainnya, tapi hal ini justru sangat penting. Terlebih saat pembicaraan dengan lawan bicaramu mulai terasa membosankan.

5. Bagikan pengalamanmu

Jika lawan bicaramu menyebutkan sesuatu yang tak asing menurutmu, atau pernah mengalami kejadian yang mirip dengan apa yang dia pernah alami, jangan takut untuk membagikan ceritamu juga. Ini salah satu cara terbaik agar kamu dan lawan bicaramu jadi semakin dekat.

6. Jangan terlalu sering melihat smartphone

Fokus pada lawan bicaramu dan apa yang dia ceritakan. Jangan terlalu sering melihat smartphone untuk sekadar mengalihkan pandangan. Ini dapat mengindikasikan bahwa kamu kurang tertarik dengan apa yang diceritakannya, dan membuat lawan bicaramu merasa tidak nyaman.

Yang terpenting adalah percaya diri dan bicara sejujurnya. Sebab, kesan yang baik akan timbul di benak lawan bicara akan muncul jika kita merasa nyaman dan percaya diri.

Penulis

Darmawan Syawaldi

Citizen Journalist Liputan6.com

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Artikel Selanjutnya
Hari Gini Masih Malu-Malu? Ikuti 5 Tips Biar Supel dan Gaul
Artikel Selanjutnya
Pria, Ini 7 Hal Kecil yang Berarti bagi Wanita