Sukses

Nekat, Pemuda Panjat Stupa Borobudur demi Swafoto Keren

Liputan6.com, Jakarta - Demi menghasilkan swafoto yang keren, banyak orang rela melakukan hal konyol hingga ekstrem ketika berada di sebuah tempat bersejarah.

Seorang pria baru-baru ini menjadi perbincangan publik, khususnya warganet, setelah aksinya memanjat dinding Candi Borobudur demi untuk berswafoto beredar di medsos.

Foto yang pertama kali diunggah Ardia Arga ke grup Facebook Info Cegatan Jogja tersebut memperlihatkan aksi pria yang tak diketahui identitasnya itu ketika ber-swafoto di atas stupa.

"Dilarang memanjat Stupa di Candi Borobudur," tulis keterangan foto tersebut.

Dengan jaket dan kacamata hitam, pria itu terlihat sibuk bergaya sambil menginjak salah satu bangunan. Aksinya tersebut bahkan mendapat berbagai respons warganet. Banyak dari mereka bahkan melontarkan kecaman atas tingkah lakunya di bangunan bersejarah itu.

"Gakkk punya OTAK .....ngaku GAUL.....Gak bisa hargai benda sejarah," tulis Jessica Kurnia Sari.

"Borobudur itu tempat ibadah.. Monggo dipikir yang punya pikiran," timpal Dee Dick.

"Penistaan tempat ibadah Dan sejarah iku... Aq enggak sukak," komentar Ivan Semesta.

Ardia juga menanggapi banyaknya kecaman di kolom komentar, dia mengatakan bahwa sudah ada beberapa pengujung yang memperingatkannya. Namun, pria tersebut tidak menghiraukan.

Pihak pengelola sendiri telah mempunyai aturan bagi pengunjung yang ingin berfoto di Candi Borobudur, seperti aturan tidak boleh duduk di stupa, dan memanjat dinding. Papan peringatan juga dipasang di beberapa titik dan petugas yang rutin beroperasi.

Penulis:

Meidiana Triani

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.