Sukses

5 Tips Tetap Sehat dan Bugar Saat Liburan ala Milenial

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu hal terbaik ketika liburan adalah berkuliner dan mencicipi hidangan lokal. Namun setelah berlibur, tubuh kita cenderung memiliki sedikit perubahan.

Saat pulang ke rumah, kamu merasa bahwa pakaian mulai menyusut. Padahal kamu sudah bekerja keras untuk menjaga badan supaya tetap bugar dan sehat. Jadi, bagaimana cara kamu untuk tetap bisa menikmati semua makanan saat liburan tanpa perlu mengkhawatirkan kondisi tubuh kamu?

Seperti dilansir dari Independent, ahli gizi dan penulis Re-Nourish, Rhiannon Lambert, menjelaskan bagaimana caranya agar tetap sehat ketika liburan untuk para milenial.

1. Makan beberapa menu sarapan di hotel

Berikut beberapa menu yang mesti dimakan saat sarapan.

  • Omelet yang dicampur dengan sayuran
  • Yoghurt dan buah Yunani. Sajikan salad buah kamu dengan yoghurt untuk meningkatkan protein
  • Croissant atau granola bowl karena ini cenderung memiliki kandungan gula tinggi
  • Daging dari sosis merupakan pilihan tepat, karena lebih rendah kandungan lemaknya.

2. Tetap aktif

Kamu bisa menggunakan fasilitas gym yang tersedia di hotel, 20 menit sebelum sarapan pagi. Cara lain yang bagus untuk tetap aktif adalah berjalan kaki. Lambert mengatakan “Berjalan kaki dapat mengurangi risiko penyakit kronis, seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, asma, stroke dan bahkan beberapa jenis kanker.” 

3. Makanlah dengan penuh perhatian

Dalam kehidupan normal, penurunan dalam pola makan seringkali terjadi, karena kita tidak punya banyak waktu. Hal ini tidak biasanya terjadi pada saat berlibur. Meski bisa saja terganggu oleh segala sesuatu yang terjadi.

Namun, penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan dan terganggu, lebih cenderung terlalu banyak makan karena mereka cenderung tidak memperhatikan saat merasa kenyang.

4. Tidur

Beberapa orang mengambil liburan sebagai kesempatan untuk tidur nyenyak, dan sebagian bisa ke luar semalaman menikmati kehidupan malam. Namun, kamu juga harus bangun pagi agar sesuai dengan aktivitas dan berjemur seharian.

Lambert juga mengatakan bahwa kekurangan tidur terkait dengan penambahan berat badan: "Ini karena mereka yang tidak cukup tidur cenderung lapar, mengkonsumsi lebih banyak kalori dan kurang aktivitas fisik."

5. Tetap terhidrasi

Ini sangat penting, minum lebih banyak air jika kamu sedang berlibur di suatu tempat yang panas. Sebagai aturan umum, kamu bisa menentukan berapa banyak air yang harus diminum dalam sehari.

“Semangka, ketimun, stroberi dan selada sudah mencapai 92 persen air, jadi pilihan yang bijaksana untuk makanan ringan agar kadar air kamu tetap tinggi,” tambah Lambert. *

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

 

Artikel Selanjutnya
Mau Tetap Prima Saat Libur Panjang, Terapkan 5 Tips Ini
Artikel Selanjutnya
Lakukan Ini Agar Tampil Menawan di Hari Pernikahan