Sukses

Pecahkan Rekor MURI, Layang-Layang Raksasa Terbang di Langit Bali

Layang-layang raksasa diterbangkan di Pantai Mertasari,Bali

Liputan6.com, Jakarta - Sekitar 20 ribu orang terlihat memadati Pantai Mertasari, Denpasar,Bali pada Hari Minggu (6/8) untuk melihat layang-layang raksasa. Layang-layang ini diberi nama Naga Raja dan akan mengudara selama 4 hari.

Layang-layang Naga Raja ini pernah mendapatkan Rekor MURI pada tahun 2016 dengan ukuran 12 meter kali 16 meter pada sayap dan 240 meter untuk panjang ekornya. Dalam video yang beredar pun terlihat ratusan orang membantu dalam menerbangkan layang-layang tersebut. Baik yang menarik tali layangan maupun yang memegang layangan tersebut.

Layang-layang yang termasuk dalam layang-layang tradisional Bali ini sering disebut juga Janggan. Layang-layang Naga Raja memiliki berat 707 kg dan mengalahkan layang-layang buatan Jepang yang hanya seberat 699 kg.

Pembuatan layang-layang ini menghabiskan biaya sebesar Rp 120 juta. Rencananya, layang-layang Naga Raja juga akan didaftarkan pula pada Guinness Book of World Record sebagai layang-layang terbesar.

Novita Ayuningtyas

STMM "MMTC" Yogyakarta

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.