Sukses

Unik, Suku Asli Chili Rayakan Tahun Baru di Bulan Juni

Suku asli Chili merayakan tahun baru setiap 24 Juni dan bukannya pada Januari.

Liputan6.com, Jakarta - Ada sebuah desa di Chili yang merayakan tahun baru pada Bulan Juni. Tahun baru ini merupakan peringatan hari suku asli Chili yaitu pada tanggal 24 Juni. Dimulai dari 20 Juni hingga 24 Juni, komunitas asli Chili ini merayakan datangnya tahun yang baru.

Perayaan ini merupakan wujud syukur atas hasil panen untuk matahari yang memberikan energi bagi mereka. Mereka percaya hal tersebut didasarkan pada proses timbal balik. Suku asli Chili menggunakan sebuah ritual untuk menandai tahun baru yang diberi nama Upacara Willka Kuti atau Inti Raymi.

Bagi suku asli Chili atau orang Andean, upacara tersebut berarti sebuah pembaharuan. Mereka juga terlibat dalam hal politik di Chili, penduduk asli ingin membuktikan bahwa mereka masih ada di tengah masyarakat dan ingin diakui keberadaannya. Dengan merayakan tahun baru ini adalah kesempatan bagi mereka untuk bisa menyatakan kemerdekaan. *

Novita Ayuningtyas

STMM "MMTC" Yogyakarta

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.