Sukses

Kenalkan Naldo, Petugas Bandara Belanda yang Fasih Bahasa Jawa

Liputan6.com, Jakarta - Mendengar warga asli Indonesia menggunakan bahasa daerah merupakan hal yang lumrah. Namun, bagaimana jika warga asing yang menggunakan bahasa daerah dengan fasih?

Suatu kebanggaan bagi Indonesia jika bahasa daerahnya dikenal dipenjuru dunia. Salah satunya terjadi di Bandara Schiphol, Amsterdam, Belanda. Seorang petugas bandara di sana mampu berkomunikasi dengan bahasa Jawa secara lancar dan fasih lengkap dengan logat-logatnya.

Dalam video yang diunggah Eka Tanjung ini memperlihatkan petugas bandara Belanda tengah berinteraksi dengannya menggunakan bahasa Jawa. Petugas itu bernama Naldo, yang aslinya kewarganegaraan India. Eka terkejut ketika Naldo menyapanya dengan bahasa Jawa.

Naldo pun mengaku ini bukan pertama kalinya ia membuat orang Jawa terkagum dengan kemampuannya.

Mangan karo wong jowo, turu karo wong jowo,” Naldo menjelaskan yang artinya makan bersama orang Jawa, tidur bersama orang Jawa.

Pria paruh baya ini mengaku mempelajari bahasa Jawa dari beberapa temannya yang memang asli Jawa di Suriname. Dari hasil pergaulannya, ia juga mengenal makanan tradisional seperti soto, gulai, dan bakmi.

Penulis:

Anggi Izni Sabilia

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

Artikel Selanjutnya
Kenalkan Peter 'Parto', Bule yang Jago Gamelan dan Berbahasa Jawa