Sukses

10 Tempat Wisata Gunungkidul yang Paling Hits untuk Liburan

Liputan6.com, Jogjakarta - Potensi pariwisata di daerah Gunungkidul ternyata tak boleh dipandang sebelah mata. Bahkan, tempat tersebut sekarang jadi salah satu alasan mengapa banyak orang memilih Jogjakarta sebagai destinasi untuk menghabiskan waktu liburan.

Ada beragam pilihan tujuan liburan yang bisa kamu sambangi di sana. Semuanya menawarkan keindahan panorama alam yang eksotis dan memukau lho. Nggak cuma traveler petualang, para pencinta wisata swafoto juga cocok banget datang ke tempat ini.

Dari sekian banyak lokasi rekreasi di sana, ini 10 tempat wisata di Gunungkidul yang paling populer di kalangan traveler.

1. Gua Pindul

Bisa dibilang kalau Gua Pindul adalah tempat wisata di Gunungkidul yang paling terkenal. Saat berada di sana, kamu bisa merasakan keseruan menyusuri isi gua dengan cara cave tubing. Kamu bisa mengarungi aliran sungai dalam gua bawah tanah dengan menaiki sebuah ban yang besar.

Saat berada di sana, kamu bisa melihat ornamen gua yang dihiasi dengan stalagtit yang memukau dan menghipnotis. Lokasi Gua Pindul berada di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul.

2. Pantai Nglambor

Biasanya, pantai di Jogjakarta terkenal dengan ombaknya yang ganas. Pemandangan berbeda justru akan kamu temukan di pantai Nglambor ini.

Berlokasi di Desa Purwodadi, Tepus, Gunungkidul, Jogjakarta, Pantai Nglambor menawarkan eksotisnya pemandangan pantai dengan ombak yang cukup jinak. Hal ini disebabkan oleh hadirnya dua buah bukit karang raksasa menyerupai kura-kura yang jadi penahan dan pemecah gelombang yang datang.

Selain panorama yang menarik, ragam biota laut yang cantik juga jadi alasan mengapa traveler senang datang ke sana. Biasanya, mereka akan menghabiskan waktu untuk bermain air, snorkeling, atau berfoto underwater ketika berada di Pantai Nglambor.

3. Pantai Timang

Pantai Timang jadi destinasi yang cocok dikunjungi oleh para pencinta wisata ekstrem. Tempat liburan anti mainstream ini menawarkan sensasi seru dan menegangkan saat manaiki gantole tradisional untuk menyebrang ke Pulau Timang.

Untuk orang penakut pasti akan menolak mentah-mentah untuk naik wahana ini. Sebab, selain dibuat secara tradisional dengan menggunakan kayu dan bambu serta titian berbahan tali plastik. Pengoperasian gantole tersebut pun masih menggunakan tenaga manusia. Ditambah lagi kamu harus melewati lautan lepas dengan ombak ganas yang sewaktu-waktu bisa menyapu kamu yang sedang menyeberang.

Kebayang nggak ngerinya? Sebaiknya, siapkan mental yang besar sebelum menaiki alat penyeberangan yang berlokasi di Jalan Pantai Selatan Jawa, Tepus, Gunungkidul, Jogjakarta, ya! *

Selengkapnya bisa kamu baca di sini.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

Artikel Selanjutnya
Bukit Seroja Wonosobo, Wisata Alam Cantik yang Bikin Melongo
Artikel Selanjutnya
Wanagiri Hidden Hills, Jadi Tempat Selfie Kekinian di Bali