Sukses

Setelah 10 Tahun, Lansia Ini Akhirnya Raih Gelar Sarjananya

Liputan6.com, Jakarta - Tak ada kata terlambat untuk belajar. Mungkin itu pepatah yang paling tepat untuk seorang nenek berusia 91 tahun sekaligus ibu lima anak yang baru saja memperoleh gelar sarjana di Thailand.

Kimlan Jinakul yang berasal dari Provinsi Phayao di utara Thailand itu baru saja menyelesaikan gelar sarjananya di Universitas Terbuka Sukhothai Thammathirat jurusan Ekologi Manusia. Kimlan meraih gelar sarjana tersebut setelah lebih dari 10 tahun bekerja keras.

Sewaktu kecil, Kimlan adalah seorang murid yang cerdas. Ia bahkan masuk salah satu sekolah terbaik di provinsinya saat itu. Sayangnya, ia tak bisa masuk universitas karena berbagai kendala.

Menurut laporan Bangkok Post, tak bisa kuliah, Kimlan kemudian menikah dan pindah ke Bangkok. Sejak saat itu, ia meninggalkan mimpinya untuk pergi ke universitas meski semangatnya masih terus menggebu.

"Saya selalu ingin belajar. Karenanya saya mendukung anak-anak saya yang ingin pergi ke universitas," kata dia.

Pada usia 72 tahun, nenek itu memutuskan untuk mendaftarkan diri setelah salah satu putrinya mengikuti kursus. Sayangnya, kematian putrinya sempat mengubah pikirannya.

Kemudian, saat usianya 85 tahun, ia memutuskan untuk mencoba kuliah lagi. Ia melanjutkan studinya dan mengambil Ekologi Manusia.

"Setelah pulih dari kehilangan dan kesedihan, saya mendorong diri saya untuk menyelesaikan program ini."

Saat ditanya rahasianya hingga ia akhirnya berhasil menyelesaikan studinya, ia menjawab bahwa kuncinya hanya dua yaitu tekad dan ambisi. Walau telah berhasil meraih gelar sarjana, ia berjanji untuk tidak menelantarkan cucu-cucunya yang ia sayangi.

"Toh kurasa tak ada yang mau mempekerjakanku jika aku mencari pekerjaan di usia segini," tutupnya sambil tertawa.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Artikel Selanjutnya
Juara Dunia 4 Kali, Kado Istimewa buat Liliyana
Artikel Selanjutnya
2 Emas dan 4 Perunggu, Capaian Terbaik Tim Bulutangkis Indonesia