Sukses

Kuliner Khas 17 Agustusan untuk Kemeriahan HUT RI

Makanan khas HUT RI yang bertema merah putih ini mungkin sudah kamu kenal, tapi ada juga makanan yang bisa jadi belum kamu ketahui.

Liputan6.com, Jakarta - Makanan atau kuliner khas 17 Agustusan sudah pasti istimewa. Terlebih hidangan ini disajikan bagi para perserta dan tamu undangan dalam rangka menyemarakkan Hari Kemerdekaan Indonesia setiap tanggal 17 Agustus.

Makanan khas yang bertema merah putih ini mungkin ada yang sudah kamu kenal tapi ada juga makanan yang bisa jadi belum kamu ketahui. Apa saja daftarnya? Berikut ulasannya.

1. Telok Pindang

Telok pindang adalah telur rebus dengan cara dipindang. Telok pindang sangat lekat dengan kuliner Pindang Musi Rawas di Palembang. Telok pindang direbus dengan air yang sudah tercampur asam.

2. Ketan Sumpit

Ketan sumpit adalah makanan sejenis lemper yang dijepit dengan sebuah sumpit. Ketan sumpit merupakan makanan pendamping yang bisa sama sama dinikmati dengan telok pindang, telok ukan atau telok abang.

3. Telok Ukan

Telok ukan adalah telor yang isinya merupakan campuran kocokan telur, santan dan bumbu rempah lainnya kemudian dimasukkan kembali ke dalam cangkang telur lalu kemudian kukus sampai masak.

Diantara kuliner telok Palembang yang lain, proses penyajian telok ukan merupakan yang paling rumit tapi memiliki rasa yang nikmat.

4. Telok Abang

Telok abang adalah telur rebus berwarna merah yang berasal dari Palembang. Telok abang selalu disajikan khusus pada hari kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus.

Telok abang biasanya menggunakan telur bebek. Namun, belakangan telok abang menggunakan telur ayam juga karena harganya lebih murah. Pewarna yang digunakan adalah pewarna makanan sehingga akan untuk dikonsumsi.

Telok abang biasanya dijual dengan sebuah miniatur kapal. Miniatur kapal inilah yang membuat anak-anak tertarik untuk membeli telok abang.

Selengkapnya bisa kamu baca di sini.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini